outcomes dari amanah

Amanah adalah kontrak kesanggupan untuk menunaikanya dengan segenap perintah atau petunjuk di dalamnya. Baik amanah ataupun perintah ada outcomes yang dihasilkan. Hasil itu tidak harus materi, atau uang. Ingat bahwa menjalankan amanah adalah proses. Peningkatan dalam menjalankan amanah menuju penyelesaia adalah progres yang harus kita dapati setiap kita menjalankan amanah. Proses penyelesaian amanah ini dapat dilakukan dari beberapa sisi atau banyak sisi, tidak terfokus pada sattu sisi saja. Misalnya anda akan berangkat kerja maka anda bisa ambil kunci mobil dulu atau sisiran dulu, atau menyemir sepatu dulu atau makan dulu atau yang lainnya dulu. Outcomes yang anda hasilkan akan sangat jelas yaitu proses untuk mendapatkan penyelesaian secara bertahap.

Hasil ini dapat memotivasi untuk melakukan action berikutnya. kadang kita merasa malas untuk melaksanakan suatu amanah, jika demikian maka cara ini dapat anda lakukan yaitu melaukan sesuatu yang jelas outcomesnya. Ibarat mobil kalau sudah di panasi maka akan berjalan dengan lancar.

semakin banyak outcomes yang kita hasilkan maka akan semakin pula manfaat yang akan kita dapatkan dan di dapatka oleh orag lain. Melakukan berbasis outcomes ini dijalankan dari yang mudah dan menghasilkan , bukan dari yang sulit dan menghasilkan, kuncinya yang mudah dan menghasilkan.

cobalah melakukan sesuatu yang sepele atau sederhana namun menghasilkan sesuatu. anda akan merasakan kebahagiaannya

jangan melakukan hobi yang tidak ada manfaatnya, misalnya bepergian yang tidak jelas, sekedar dari tahu, atau pengalaman saja, outcomesnya apa ?. Misalnya ada pergi ke Bali, terus manfaatnya apa, anda pergi ke borobudur manfaatnya apa, anda¬† pergi ke pantai parangkusumo manfaatnya apa ? akan lebih baik jika bepergian tapi ada manfaatnya misalnya sialturahmi ke keluarga , sahabat atau kerabat… atau ke tempat yang memberi manfaat, kecuali kalau memang anak anak mengajak ke pantai, ke kebun binatang, atau ke tempat yang memiliki wahana edukasi. Pingin punya anak sholeh tapi wisatanya ke candi, ke pura …. nggak nyambung.

sekali lagi bahwa fokus perbuatan adalah di outcomesnya, kemudian sesuaikan dengan amanah yang sedang di jalankan. amanahnya adalah mendidik anak agar sholeh, kan nggak mungkin perintahnya pergi ke candi atau ke pura, pasti perintahnya adalah pergi ke tempat yang ada hubungannya keimanan dan ibadah islam.