belajar agama islam sekarang ini kalau kita lihat sangat banyak, dan untuk mempelajari semua itu kita lebih berpegang pada yang bukan inti, sehingga semua seperti berdiri sendiri sendiri. banyaknya cabang ilmu dalam islam ada fiqh, ada tauhid, ada tasawuf, baca quran saja ada tajwid, tahsin adan qiroah dan lain  sebagainya, banyak sekali khasanah ilmu dalam islam. Kalau kita salah cara memhami islam yaitu dari bagian bagian maka separo umur kita tidak akan dapat menguasai ilmu agama ini, terlebih mengemalkan karena waktunya habis untuk belajar.

nah ada cara praktis yang saya ajukan disini sehingga lebih mudah untuk mempelajari cukup dengang pegang intinya akan memudahkan menguasai ilmu yang lain.

baik dasar yang saya gunakan adalah bahwa semua ilmu islam ini pasti bermuara di al quran yaitu wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah. Jadi ilmu sebanyak apapun dalam islam semua pasti bermuara di al quran, kalau ada yang bertentangan akan di rujuk lagi dalam al quran. Baik semua bermuara pada al quran. Nah inti dari al quran atau dari induk dari pada al quran ini adalah al fatihah, sehingga kalau kita menguasai al quran maka kalau kita menguasai al fatihah maka seluruh al quran akan dapat kita kuasai dengna lebih mudah. Nah al fatihah ada intinya lagi yaitu ihdnashiratal mustaqim. nah ini adalah intinya dari pada al fatihah sehingga kalau kita menguasai ayat satu ini yaitu ihdinashiratal muastaqim maka kita akan faham seluru al quran dan akan memahami seluruh ajaran islam.

jadi ibarat sinar lampu maka yang kita pegang bukanlah sinarnya tapi lampunya sehingga dengan lampu ini semua akan nampak dan lebih mudah belajar tentang islam.