Panduan menjadi imam shalat yang baik

menjadi Imam ini ada dua terpilih atau karena tidak ada yang lain, baiklah dua duanya ok. apapun alasan menjadi imam shalat jadilah yang terbaik. Imam adalah pemimpin shalat, maka yang namanya pemimpin harus memiliki sikap kepemimpinan / leadership. Lebih jelasnya seorang imam harus memiliki jiwa pemimpin. Kita tahu bahwa imam shalat yang dipimpin adalah jamaah yang orangny macam macam, macam-macam keinginannya macam-macam karakternya. jadi seorang imam harus bisa ngemong sana sini.

saya akan menyoroti menjadi imam dari sisi spiritualnya, sebab saya kira secara fiqh sudah banyak yang mengupas. secara spiritual seorang Imam harus memiliki kelebihan dalam hal spiritual. dengan kekuatan spiritual yang dimiliki oleh seorang imam masjid maka akan bisa membawa jamaah untuk terpengaruh memiliki spiritualitas yang baik. Spirritualitas seorang imam adalah memiliki kemampuan mengajak jiwa jamaah untuk berserah dalam shalat dan untuk sadar mengarahkan kepada Allah SWT. inilah kekuatan dasar yang harus dimiliki oleh imam.

kekuatan spiritual ini harus disebar keseluruh jamaah, ibaratnya seorang sopir Bus yang mengajak selururuh penumpang untuk sampai pada tujuan. Seorang imam tidak boleh shalat sendiri tapi harus mengajak semua jamaah untuk sama sama berserah diri kepada Allah.

selanjutnya seorang Imam harus memiliki jiwa yang tenang terutama saat shalat berlangsung, tidak perlu terburu buru dalam shalat, tapi tentunya juga tidak terlalu lama dalam shalat. Memimpin shalat harus yang tumakninah, jika imam tumakninah maka jamaah juga akan tumakninah. jangan sampai makmum shalatnya tersiksa dengan cara imam yang cepatnya seperti dikejar anjing, kasihan jamaah yang sudah sepuh sepuh yang tua tua.

baik yang terakhir seorang imam sebaiknya mengasah kekuatan spiritualnya melaui dzikir dzikir (rekomendasi dzikir nafas) dengan kekuatan ini insya Allah jamaah akan merasa nyaman dan tenang serta bahagia jika menjadi imam yang demikian.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *