pasrah tidak ada urusan masalah selesai apa tidak

pasrah kepada Allah target utamanya adalah “pasrah” tidak ada hubungannya dengan apakah dengan pasrah masalah yang kita hadapi selesai apa tidak. seringkali ketika menghadapi masalah kita memasrahkan diri kepada Allah dengan tujuan agar masalah kita selesai.. walaupun ini tidak salah namun tidak sesuai dengan tujuan pasrah itu sendiri yaitu “berserah”.

pengalaman seorang dalam pasrah seringkali menjadi hambatan seorang untuk pasrah. contohnya begini, seringkali pasrah kepada Allah tapi solusi tidak kunjung datang, akhirnya pengalaman ini menjadikan “tidak mau pasrah”.

ukuran pasrah:

ukuran keberhasilan pasrah adalah adanya kelegaan dalam hati kita, ketenangan dalam hati kita. jika kita merasa tidak plong hati kita atau lega maak pasrah kita belum benar.

kemarin sewaktu halaqoh, setelah usai halaqoh sholat khusyu, ada satu jamaah yang konsultasi ke saya. Ibu tersebut menceritakan setelah dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Allah tentang kelakuan suami nya, secara tidak disangkanya suami nya berubah 180derajat. dari yang tidak perhatianmenjadi perhatian, dari yang senang keluar kota memutuskan untuk tetap tinggal di solo. ya saya katakaan kepada beliaunya bahwa itulah hasil dari berserah dengan menyerahkan total kepada Allah maka Allah akan bertindak.

banyak pengalaman dari kawan kawan ketika berserah total kemudian mendapatkan sesuatu yang dapat membahagiakan dirinya. namun syaratnya satu ketika berserah jangan dicampuri dengan ini dan itu, berserah ya berserah. kalau masih dicampuri maka akan merusak kebersihan dari berserah tersebut.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

8 thoughts on “pasrah tidak ada urusan masalah selesai apa tidak

  1. iiiitulah pak . . . manusia masih senang digoda iblis, seperti waktu lalu gak mau pasarah . . untuk menyembah Adam padahal menyembah tsb intinya pasarah kpd Allah . . atau . . Yahudi disuruh korban . . ga langsung dikerjakan . . nanya teruss, korban apa ? sapi betina macam apa ? dst . inti perintah korban ga dikerjakan. Intinya masih ada SOMBONG seperti Iblis

  2. subhanallah, setelah dipraktekan alhamdulillah bisa pasrah menyerahkan diri hanya pada Allah dan kembali kepada Allah ,setiap doa yg kita baca niatkan kembali seperti bayi karena kita tak punya kemampuan untuk berbuat.

    • betul sekali pak saiful, senang menden garBapak mempraktekannya semoga kita mendapatkan tuntunan Allah Pak

  3. Apakah semua urusan bisa dipasrahkan pada Allah , dan bolehkan kita mengharapkan seseuatu setelah pasrah dan cara pasrah yg tepat bagaimana apakah dg sholat 2 rokaat terus …….kemudian pasrah , maaf sebelum praktek nanya dulu makasi mas pur…?

    • semua masalah boleh pak, sebaiknya jangan mengharapkan pak, tapi berdoa saja, berdoa dan mengharapkan adalah sesuatu yang berbeda kan pak

  4. Assalamualaikum…

    Maaf pa Pur..sblm sy praktekan ..sy blm mengerti tentang berserah ya berserah jgn dicampuri dengan ini dan itu…maksudnya ini dan itu apa ya pa…
    sebelumnya makasih…

    • ya misalnya berserah dicampur dengan tujuan agar hilang sedihnya, agar selesai masalahnya, agar tenang hatinya dll pak, jadi berserah itu harus murni ditujukan kepada Allah. demikian pak salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *