patrap adalah kehidupan

patrap bukan duduk manis sambil bersila, patrap adalah beraktivitas namun kesadaran tetap ke allah. kesadaran yang terus terjaga, kesadaran yang melandasi dalam setiap tindakan dan perbuatan. 

kenapa harus berkesadaran allah, apakah bisa?

Allah memiliki perbuatan dan  memiliki sifat, dimana perbuatan dan sifat tersebut melandasi seluruh perbuatan dan sifat seluruh alam semesta, termasuk diri kita ini.

jadi kalau ada orang mengaku belajar patrap, tentunya patrap nya yang bisa diaplikasikan dalam kehidupannya.  patrap bukanuntuk memperoleh kekuatan kekuatan, meski kekuatan itu akan muncul tapiitu nbukan tujuan. tujuan utama adalah untuk meleburkan diri dalam perbuatan dan sifat ilahi.

perbuatan dan sifat itu  ditandai dengan adanya kehidupan.

kita lihat diri kita , misalnya…. apa perbuatan dan sifat kita yang tidak dimiliki oleh sikap dan perbuatan allah, pasti semua dimiliki oleh allah.

patrap adalah kehidupan…sehingga pikiran orang yang patrap menjadi dinamis,tidak stagnan.  orang parap pikirannya selalu terbuka oleh kehidupan. sehingga kehidupan adalah pelajaran yang selalu menyelimuti pikirannya menyelimuti hatinya yang tercerahkan oleh nur Allah. akan sengat lain dengan orang yang tidak patrap setiap jalan kehidupan tidak ada nur allah……

sikap seorang patrapis adalah keterbuka nya jalan kehidupan yang selalu tercerahkan…. mustahil jika patrap tidak mencerahkan, berarti perlu evaluasi ulang…

untuk mewujudkan ini semua … saya berniat apa yang saya ketahui untuk saya ajarkan kepada yang membutuhkan dan apa yang tidak saya ketahui akan saya tanyakan kepada yang mengetahui.. maka ajang malamjumat menjadi wahana untuk memperdalam patrap kehidupan. memperluas wawasan kehidupan sehingga kita memiliki kacamata layaknya mikroskop yang mampu melihat dari apa yang seblumnya kita lihat.. sehinggakita semkain sadar dan semakin sadar akan hidup dan kehidupan.

0 thoughts on “patrap adalah kehidupan

  1. kalau duduk bersila sambil komat-kamit mulutnya itu bukan patrap emang, tapi kondangan ! tapi ngomong-omong koq istilahnya Patrap sih, itu bahasa apa. Kalau bahasa jawa patrap itu artinya sepatutnya bagaimana. coba deh pakai istilah yang khas tapi tidak mendua makna atau homophone gitu.

  2. pak sonny .. terimakasih atas kunjungannnya, dan komennya… patrap … kalau duduk … diam itu bukan patrap tapi latihan patrap. nah kalau patrap yang sesungguhnya seperti definisi yang sudah anda sebutkan yaitu SEPATUTNYA BAGAIMANA. memang patrap mengajarkan kita untuk bagaimana sepatutnya terutama bagaimana sepatutnya kita dihadapan Allah, sebagai hambanya yang harus tunduk patuh kepada ALlah itulah patrap sesungguhnya.

  3. “kita lihat diri kita , misalnya…. apa perbuatan dan sifat kita yang tidak dimiliki oleh sikap dan perbuatan allah, pasti semua dimiliki oleh allah.”

    pertanyaanya : bagaimana kalau kita malas, nakall, jahil, dan sifat2 ngga bagus lainnya, apakah itu juga termasuk sifat2 allah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *