patrap dalam solat

anda boleh saja menyepelekan patrap, tapi anda nanti akan kesulitan mendapatkan konsentrasi dalam sholat, anda akan kesulitan mengkonekkan hati kepada Allah dan anda akan kesulitan untuk lurus menuju kepada Allah. Patrap melatih kita untuk kuat ke Allah tentunya ini sangat berguna ketika kita takbir , sebab dalam takbir kita harus kuat dalam mengagungkan Allah. Ketika kita sujud maka kita mempraktekan patrap tingkat 3 dengan patrap ini anda akan kuat untuk menjadikan segalanya adalah Allah.
baiklah intinya adalah anda yang ingin belajar sholat harus belajar patrap. Terserah anda manganggapnya itu bukan ajaran islam atau bukan, yang jelas dala patrap kita dididik untuk kuat ke Allah, tidak ke yang lain. Patrap tidak sekedan ILMU TAUHID tapi Patrap lebih dari itu, karena dalam patrap kita diajarkan secara langsung untuk menghadap Allah, inni wajhtu ….

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

11 thoughts on “patrap dalam solat

  1. As.wr.wb. Semoga ustadz sehat dan selalu mendapat rahmat Alloh. Dengan patrap, selain kita dikuatkan nyambung dengan Alloh, rasa ihsan…. kita juga diajari bersopan santun ketika berhadapan dengan Beliau…….

  2. Salam…Tompang lalu Pak Pur..Patarap bagi saya bukan suatu yang baru.. Jurusan lain ade mempratiknya juga.. Cuma metoda (khafiat) berlainan.. Perlatihan hadirkan diri dan menghadap kepadaNya.. Moga jumpa jalan pulang…

  3. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Bagaimana cara kita belajar memahami patrap dgn benar Mas Pur mengingat yg dibahas di blog ini hanya garis besarnya saja. Trm ksh.

    • waalaikumsalam wr wb , untuk lebih paham harus praktek pak, jadi benar benar merasakan. demikian pak.

  4. Patrap = tafakkur + dzikir …………… hilangnya ego ……….dan yang ada = O yang diterima dan dirasakan.

  5. Assalamualaikum wbt,
    Alhamdulillah, pencerahan daripada Ustaz menambahfahamkan saya bahawa dengan kekerapan PATRAP menguatkan kita untuk tetap lurus ke ALLAH. Pengosongan diri dan menjaga kesadaran ke ALLAH sangat penting sewaktu bersolat .Tanpa PATRAP tidak mungkin dapat bersolat dengan baik.

    • waalaikum salama wr wb
      benar Bu patrap menguatkan hati kita untuk selalu ke Allah sehingga solat kita boleh fokus kepda Allah SWT.

  6. Assalamu’alaikum.! salam kenal Pak Ustad.
    yang dimaksud patrap itu hati kita harus lurus ke Allah atau hati kita harus kuat ke Allah, kalau dalam pelaksanaan sholat yang disertai patrap itu apakah yang ucapannya sesuai bacaan sholat, dan gerakannya tumakninah sesuai syareat fikih dan batinnya berucap atau menyebut Nama Allah…Allah…Allah …..dst yang tidak berbilang dari takbirotulikrom sampai salam terakhir dan selesailah sudah pelaksanaan sholat itu. Mohon pencerahannya patrap dalam sholat itu bagaimana..?
    Terima kasih Pak Ustad , semuga Pak Ustad Sekeluarga dalam kasih sayang Allah.
    Wassalam..

    • waalaikum slam wr wb, salam kenal juga pak Busroni. patrap yang saya maksud adalah sadar Allah selama sholat, mengenai gerakan dan bacaan sholat semua sesuai syariat. demikian pak semoga yang sedikit ini dapat memberikan kefahaman, salam

  7. Assalamu’alaikum .. Terima Kasih Pak Ustad atas pencerahannya.! Sadar Allah.! selama pelaksanaan sholat.
    Samakah dengan rasa batin kita selalu ada dan merasa dekat dengan Allah meskipun panca indera kita tidak bisa dan tidaklah mungkin mempresepsikan Allah itu seperti apa.malah nanti akan menimbulkan terjadinya kemusyrikan yang menyelinap pada batin kita tanpa kita menyadarinya. Mohon penjelasannya Pak Ustad..!
    Terima Kasih. semuga Pak Ustad dalam Kondisi sehat selalu
    Wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *