Patrap Ngleyang

Ketika kita ke Allah maka ada sensasi terbang, ketika kita tetap lurus ke Allah dan mengabaikan semuanya maka sensasi terbang itu berubah menjadi ngleyang. Ngleyang adalah bahasa jawa yang mungkin kalau diilustrasikan begini. ketika layang layang itu diterbangkan dari yang terendah kemudian terbang dan terbang naik dan naik hingga menjadi ketinggian kemudian ada musuh yaitu layang layang lain yang memutus tali layangan terbutus sehingga layang layang terbang tidak lagi mengarah ke atas tapi ngleyang…. ngleyang terbang bersama angin lagi tidak bersama dengan tali pengikatnya. nah rasakan layangan yang ngleyang tadi. begitulah ketika kita dzikir maka ada fase tertentu kita merasakan ngleyang seperti layangan.

meski ngleyang tapi tetap mengarahkan dirinya ke Allah karena pada wilayah ngleyang ini tidak ada atas dan tidak ada bawah. tidak ada kanan dan kiri.

ngleyang ini bisa menjadi kekuatan bagi kita untuk menjalankan ridho kepada Allah. karena aslinya ridho itu ngleyang juga tapi dalam kehidupan bukan dari sisi pengalaman spiritualnya.

ngleyang ini kalau bahasa Allah adalah sibghah atau celupan Allah, dimana sibghah Allah ini adalah lautan Allah kemudian kita masuk dalam lautan itu dan terserap kedalamnya. ketika kita masul dalam lautannya Allah kita tidak bisa diam, kita tetap bergerak mengikuti kehendak Allah. seorang dai yang tugasnya berdakwah ketika tidak dikehendaki Allah untuk tidak berdakwah maka dia mengikutinya … ketika dia tidak dibuat jahat oleh Allah maka dia mengikutinya ,,,, jadi kita mengikuti Allah karena kita sudah masuk dalam lautan Allah ..

baik, keadaan spiritual ngleyang ini tidak perlu di cari, apalagi di harapkan pokoknya yang penting adalah lurus ke Allah dan lurus ke Allah. dengan mengabaikan sensai yang muncul mengabaikan semua bayangan tentang Allah ,persepsi tentang Allah .. hilangkan dan hilangkan  nanti pada saatnya anda akan merasakan ngleyang. maka duduklah dalam dzikir nafas dengan waktu tertentu misalnya 1 jam atau 30 menit. dengan waktu yang agak lama ini memungkin datangnya keadaan ngleyang. selamat berlatih dan selamat berjalan menuju kepada Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *