Patrap Tidur

malam jumatan kemarin kita berlatih yang dinamakan patrap tidur, patrap tidur ini bermanfaat untuk menyadarkan tentang mana diri yang bukan fisik. ada beberapa macam manfaat dari patrap tidur ini selain sebagai tempat istirahatnya fisik ternyata tingkat efektif istirahatnya bisa sangat cepat untuk menghilangkan capek lelah fisik. selain itu sensasi spiritual experience nya juga sangat jelas.
manfaat yang lain patrap tidur ini bisa menyebabkan kita terjaga dalam tidur, atau tidur tapi sadar, atau tidur tapi tidak tidur… dulu ilmu ini pernah diajarkan ust abu sangkan kata beliau ngrogo sukmo atau astral travelling dapat dilatih dengan patrap tidur.
dan yang paling penting adalah tidur kita adalah tidur yang tidak sia sia karena kita berdzikir.
he he malam kemarin ada yang berpendapat seandainya michael jackson mengenal patrap tidur tentunya tidak perlu obat tidur……
patrap tidur juga dapat digunakan untuk tidur instan misalnya pas kita kerja siang hari kemudian kita butuh istirahat 5 menit maka dengan patrap tidur ini tidur instan akan kita dapatkan dan tubuhpun jadi segar.
kesulitan yang paling berat adalah lepasnya kesadaran untuk tidak ikut tidur, jadi menjaga kesadaran agar tidak tidur, ini kesulitan yang paling banyak dialami peserta kemarin, sehingga patrap tidur ini lebih sulit dari pada patrap gerak
patrap tidur ini yang dilakukan Pak Haji slamet, teringat ketika patrap di cibubur, Pak haji akan istirahat, beliau wudlu, sisiran rambut, merapikan pakaian kemudian merebahkan badan dan ketika adzan beliau langsung duduk dan berdiri untuk bersiap siap menjalankan solat subuh… seolah olah beliau sangat sadar dengan sekalilingnya

50 thoughts on “Patrap Tidur

  1. Salam ustaz,

    Menarik untuk dipelajari.
    “Ya Allah berikanlah aku peluang untuk mempelajari ilmu ini ya Allah”. Amin.

    p/s Jika ustaz ke Malaysia hujung minggu ni, harap dapat bertanya pada pihak soul power tarikh yang sesuai untuk program di universiti saya. Tiada respon yang diberi setelah saya menghubungi mereka.

    Selamat datang lagi ke Malaysia.

  2. ini juga yg pernah dilakukan Rasulullah SAW dulu.sebelum tidur wudhu dulu bahkan tidur Rasulullah sampai terlelap.Namun begitu Bilal r.a mengumandangkan azan,Rasulullah SAW langsung bangun dan menuju masjid untuk sholat.

  3. Assalamu alaikum wr.wb

    salam kenal pak poer..

    bisa di jelaskan teknis pelaksanaan patrap tidur, saya mau belajar

    Terima kasih

    Wassalam

    • wah harus praktek…. Bu Ratu suci…. kalau ada waktu silahkan untuk datang ke rumah, atau jika ibu ada jamaah saya bisa latih bersama sama

  4. Hmm…

    Buat mas-mas atau mbak-mbak yang sudah saya komen, mohon kunjungan baliknya untuk mengetahui kisah seorang tunanetra yang berkiprah dalam dunia game, bisa diulik di http://adf.ly/Hvc dan sekalian komentarnya! Kalau mau ikutan kontes juga jangan lupa ya mas/mbak! (Linknya? http://adf.ly/HhS dan jangan lupa untuk mendukung saya dengan komentar ya! Lebih lanjut? Buka http://adf.ly/HhI bila ingin ikutan!)

  5. As.wr.wb. Ustadz, mohn penjelasan tentang ciri2 orng yang terhipnotis…di manakah kesadaranny saat itu?. Terkait penghipnotis, apkh orng yang sedang patrap tidur tdk dpt dkuasainya?. Matur nuwun

    • orang terhipnotis kesadarannya masuk bawah sadar, patrap tidur mencegah dari terhipnotis karena selalu sadar kepada Allah

  6. kalau mau tidur dzikrullah hingga tertidur…. dalam tidur tidak mimpi apa pun… saatnya qiyamulail dibangunkan Allah…. ada semangat untuk tahajud…. bagaimana kalau begitu pak, apakah itu sdh patrap tidur ????

    • kalau bisa jangan sampai masuk ke alam tidur bu…. coba pertahankan… nanti ibu akan berada pada bebas ruang dan waktu.. selamat mencoba semoga Allah melindungi

      • salam buat semua,pak setiyo knp ya kita mudah terlena seketika ketika berzikir?bgmna caranya utk merpertahan agar kita tidak terlena dalam berzikir?

        • mengikuti nafas dan dzikir qolbi atau sirri Huu…. (mengambil nafas) Allah …(keluar nafas) pertahankan ini dalam kesadarn kita, semoga Allah memudahkan

  7. menarik sekali tentang patrap tidur…lha kalo sampek keluar dan melihat diri sendiri tidur itu apa juga termasuk astral travelling? ah mungkin cuma mimpi ya pak? seolah2 melihat tubuh kita tidur.

  8. Bolehkah bapak jelaskan dengan lebih terperinci mengenai Patrap tidur ini. Saya masih belum bisa mengerti sepenuhnya. Sudahkah Pak Sangkan datang Ke Kuala Lumpur.

  9. Terima kasih Pak Pur, atas ilmu yang Bapak tulis di web ini sangat bermanfaat bagi saya.
    Alhamdulillah, saya berusaha mencoba mempraktekkan patrap tidur dengan mengikuti nafas dan dzikir qolbi Huu… ( mengambil nafas ) Allah…( keluar nafas ). Pengalaman saya setelah praktek, saya tetap sadar walaupun mata terpejam. Pertanyaan saya apakah kita harus mengikuti keluar masuknya nafas kita dan berdzikir Huu…Allah sesudah bangun tidur? Mohon dijawab bagaimana cara patrap ketika kita berjaga / tidak tidur?

  10. saya ingin bertanya beberapa soalan:
    1) apakah itu patrap yang sebenar-benarnya?
    2) apakah maksud patrap?
    3) apakah tujuan patrap?
    4) apakah sebenarnya yg dicari dlm patrap?

    mmg semuanya mengajak kita untuk bersyukur pada allah, berani kpd allah, takut kpd allah, berani dgn diri sendiri, takut dgn diri sendiri..harap dpt jawab soalan2 sya..
    terima kasih…

    • patrap itu sedar Allah
      maksud patrap adalah kita menyadari Allah
      tujuan patrap agar kita menjadi hamba Allah yang sebenar benar hamba
      yg dicari adalah kepasrahan diri kepada Allah , bergantung dan mengandalkan Allah

  11. 1) siapakah itu allah?
    2) dimanakah itu allah?
    3) dimanakah tempat allah?
    4) dimanakah rumah allah yg sebenar-benar allah?

  12. saya nak tanya ustaz, tolong jelaskan dari manakah asal usul patrap?
    ada berapa unsur patrap?
    siapakah yang menciptakan patrap?
    dimanakah letak patrap?

    • unsur patra haya 1 yaitu hanya ke allah
      pencipta patrap adalah kyai Sela dari solo
      letak ? maksudnye

  13. Ustaz bilang allah ada dimana2, saya ingin bertanya dgn lebih jelas lagi, tolong jelaskan maksud allah ada dimana mana itu menunjukkan allah ada lebih dr 1. Berarti dlm dunia ini manusia percaya wujudnya allah. Tapi jawapan ustaz allah ada dimana2. Ada berapakah allah yg sebenar2nya.

  14. Assalamu’alkum ….

    Pak ustd ,,mau tnya nich ,,Patrap tidur,,kata temen saya kalau ada yang nglindor ( Mengigau ) klo di tanya bisa jawab ,,apakah itu benar pak ,trus kok bs gtu cbdi jelasin ……

    Mohon jwabany ====>

  15. bagai mana mau manguasai amarah aluamah sofea mutmainah pancar kakangkawa adi uri uri kakiamong niniamong

  16. kenapa ya pak setelah beberapa hari saya praktekkan patrap tidur, setiap bangun tidur saya merasa capekseperti habis perjalanan atau habis begadang, tubuh jadi letih dan lesu gitu..apa karena saya dalam belajar patrap tidur ini kesadaran saya tetap seperti jaga biasa ya..? atau ada yang salah pak? mohon pencerahannya pak ust

    • coba diceritakan dari awal, dari mulai tidur merebahkan diri sampai bangun lagi.. terutama kesadaran yang dimaksud. terimakasih

  17. saya mulai berbaring, kemudian santai relaks seperti mau tidur biasa, kemudian saya coba untuk tidak merubah posisi badan dalam keadan relak itu untuk tidak bergerak2 lagi dan berusaha sadar terus untuk berdzikir,,kadang 2 ya bablas ketiduran ust, tapi lebih sering saya sadar sepenuhnya bahkan kadang saya bisa sadar bahwa tubuh saya udah tidur dan udah gak bisa gerak2 lagi (saya seperti gak merasakan anggota badan ini lagi) tapi saya sepenuhnya sadar, disinilah saya kadang2 merasa kaku/tegang, jadinya ingin bebas, ingin lepas sepenuhnya dari tubuh (mungkin seperti halnya orang yang meraga sukma), tapi kalau saya pertahankan kondisi ini dalam diam…diam…di suasana ini akhirnya bablas ketiduran dah walaupun tetap dalam dzikir, karena kalau kadang2 saya mimpi saya tahu kalau saya tetap berdzikir..dan biasanya kalau terjadi seperti ini saya malah segar bugar bangunnya… namun disaat suasana sadar tadi saya pertahanankan terus e…malah saya kayak gak ngerasa bangun tidur, karena saya memang sadar sepenuhnya dengan kondisi sekitar. nah seprti inilah ustad yang sering saya alami, jadinya besok harinya saat saya bangun saya seperti merasa seperti begadang (gak tidur semalaman) badan jadi seperti kurang sehat.
    dan kalau teringat dengan kata2 buku Bpk. yusdeka bahwa perjalanan tidur itu sama dengan proses mati, saya khwatir proses tidur yang seperti ini malah kita sendiri yang membuat proses tidur sepertinya sulit..mohon penjelasannya ust. ? wassalam

    • dari uraian diatas meski Bapak sadar dalam tidur tapi pasrahnya kurang, sehingga menyebabkan bapak seperti tidak tidur, saran saya sadar dzikir tapi sambil pasrah total, insya Allah bangun tidur akan segar bugar

  18. apa ada perbedaan hasil antara berbaring terlentang ato miring ust? karena selama ini kalo saya berbaring miring itu bsa lebih nyaman tapi selalu bablas, dan kalau terlentang itu masih lebih bisa mempertahankan sadar cuma saja ya itu mungkin kurang pasrahnya, karena kalo udah sekitar 30 menit telentang terasa badan agak tegang atau tertahan karena ingin ada pergerakan..kalo boleh bisa dijelaskan ustad tentang patrap tidur ini mulai proses berbaring awalnya? semoga bisa bermanfaat untuk saudara2 yang lain. trimakasih wassalam

    • memang tulang belakang lebih enak kalau tidurnya miring. untuk proses saya sudah tuliskan pak, tapi mungkin kurang praktis ya. salam pak Ipul

  19. Assalamu’alaikum Pa Setiyo saya memang belum pernah mempraktekkan patrap tidur tapi dulu waktu sma saya sering yg kata orang ketindihan pada saat tidur tapi kesadaran saya ada tapi tubuh tidak bisa digerakin apakah itu sudah masuk ke patrap tidur pa tapi sebelumnya belum praktek patrap tidur mohon penjelasannya pa terima kasih tapi sekarang sudah ga pernah lagi kejadiannya terima kasih wassalamu’alaikum

    • waalaikum salam bukan Pak, karena patrap itu disengaja, kalau tindihan kan tidak sengaja, dan patrap bukan tindihan, maksudnya kesadaran masih ada dan bisa bangun sewaktu waktu, kalau tindihan kan tidakbisa digerakkan ….salam

  20. saya sering mengalami patrap tidur, tp mengapa datang rasa takut.apa ada bahayanya. tolong jelaskan. saya sering menahannya jika saya mau keluar dari tubuh. sempat saya berobat ketempat orang pintar karna hampir setiap hari saya mengalaminya tp orang itu tidak bisa mengobati saya. jadi saya sering mengalihkan pikiran saya ke hal hal yg lain. tolong penjelasannya.

  21. Memang indah bisa meraga sukma,mampu
    menyaksikan keindahan,diluar alam nyata.
    inilah yg sy amalkan.
    Bissmillahirrahman…..
    Sholallahu alaihi wasallam.allahuma
    qulhuallah,dzat gumilang tanpa
    sangkan,liyep,cut prucut,sukmaningsun
    metu saka raga,gampang saka sarining
    gampang sak niatku,lan slamet kersaning
    allah.
    (Lailahaillallah muhammadurosulullah.3x)
    la ilaha illallah.10.000x.jangan sampai tertidur
    Intinya tinggal keyakinan aja,jngan ada rasa
    takut.(hasil copas)

    apakah cara diatas termasuk patrap tidur?

  22. pak setiyo ,saya ingin belajar patrap tidur alamat nya di mana ya.. sama minta nm telp nya bisa nggk pak, saya sedang tidak di indonesia..

  23. Assalaamualaikum,
    Semoga pa setyo dan pengunjung yang lain senantiasa mendapatkan berkah dan rahmat Allah SWT.
    Mohon penjelasannya pak,
    Beberapa tahun lalu saya pernah diajarkan oleh teman saya untuk dapat menyadari keadaan pada saat tidur. Sebelum tidur saya dianjurkan untuk sholat hajat dua rakaat memohon kepada Allah untuk diperlihatkan hal-hal yg belum saya ketahui maupun hal-hal yg sudah saya ketahui. Setelah itu merebahkan badan untuk tidur dan terus berdzikir hingga kesadaran berada pada fase antara tidur dan tidak tidur. Beberapa hal yang saya alami ketika berada pada fase tersebut :
    1. Kadang-kadang saya dilanda perasaaan takut, setelah rasa takut itu lewat, saya merasakan sesuatu keluar dari tubuh saya biasanya mulai dari bagian kepala hingga ke kaki, yang tidak lain saya rasakan adalah tubuh saya sendiri, tubuh itu melayang kesana-kemari tapi hanya di dalam kamar tempat saya tidur, kadang mengambang ke langit-langit kamar, kadang bergesekan dengan lantai kamar, terakhir sewaktu tidur di masjid tubuh tersebut melesat keluar melewati atap masjid.
    2. Kadang-kadang pada saat berada pada fase tersebut, beberapa bagian tubuh saya mulai dari muka, tangan perut hingga kaki seperti ada yang meremas-remas.
    3. Pernah juga saya rasakan ada tiupan angin dingin sejuk bertiup di ubun-ubun ke kening.
    4. Dilain waktu pernah saya melihat tubuh saya berdiri di pintu memakai baju kaos warna putih, memandangi saya kemudian pergi begitu saja, dan saya sadar bahwa saya berada dalam posisi tidur.
    Yang ingin saya tanyakan ke bapak:
    1. apakah patrap mirip seperti itu
    2. Apakah yang saya alami tersebut hanya halusinasi saja.
    Terima kasih banyak atas penjelasannya.
    Jazakumullah khairan katsiran.

    • waalaikum salam wr wb
      terimakasih atas komen dan pertanyaan dari yang Bapak alami. apa yang Bapak alami bukanlah halusinasi, tapi benar benar nyata, yaitu kenyataan yang dialami oleh jiwa. Patrap tidur memang kadang mengalami seperti yang dialami olah Bapak, tapi tujuan akhir adalah Allah pak, jika bapak mengalami hal demikian tapi tujuannya tetap ke Allah maka itu dinamakan patrap. demikian jawaban singkat saya pak semoga bermanfaat.

      • Assalaamu alaikum Wr. Wb,
        Tks atas penjelasannya pak, insyaAllah bermanfaat.
        Maaf pak, pak setyo lebarannya kapan ?
        Saya sering membaca tulisan-tulisan bapak, mohon doanya pak mudah-mudahan saya dapat mengikuti jalan yang bapak tempuh.

        • waalaikum salam wr wb insya Allah lebaran besuk pak, sering share pengalaman pak insya Allah bermanfaat untuk pembaca yang lain. salam

  24. ass pak setyo setelah kucoba beberapa kali patrap tidur ,pikiran kok malah ke mana mana dan kadang sering ke bablasan tidur solusi nya gimana pak ya..minta jawaban nya wslm..

  25. alhamdulilah saya sdh baca buku tuntunan zikir napas dan saya merasakan adanya Allah SWT yang maha meliputi. Sementara sebelum baca buku tsb saya mengartikan Dzikir itu ingat Allah. Setelah baca buku Bapak dengan dzikir napas menyadari ada kekuatan Allah yang mengalir dan jadi merasa dan mengerti yakin bahwa Allah maha meliputi hingga merasa komunikasi 2 arah trimakasih pak Setyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *