Patrap Tongkat (Pangkat) Sunan Kalijaga

Pangkat atau patrap tongkat adalah kelanjutan dari patrap diam, dimana saya membagi patrap sebelumnya menjadi 3 yaitu patrap gerak, patrap gerak rasa, dan patrap diam. Patrap Tongkat (pangkat) seperti kita lihat dalam sejarah Sunan Kali Jaga dimana beliau menjaga tongkat Sunan Bonang beberapa waktu dengan posisi diam. Demikian pula dengan patrap tongkat ini kita belajar diam dengan tongkat di depan.

Fungsi tongkat sebenarnya hanya sebagai stimulan saja agar pergerakan jiwa ini bisa meluncur ke Allah dengan lebih cepat dan terarah  lurus keatas. Tongkat bukan wasilah, bukan perantara, bukan jimat dan lainnya, tapi tongkat adalah metode untuk menstimulasi jiwa kita agar lurus ke Allah dan lebih cepat miraj ke Allah SWT.

Bagi anda yang tertarik untuk belajar PANGKAT ini tentunya harus melewati pembelajaran dari mulai patrap gerak kemudian patrap gerak rasa dan patrap diam, baru setelah itu baru belajar patrap tongkat.

keuntungan belajar patrap tongkat ini, ketika sudah terbiasa dengan menggunakan patrap tongkat maka cukup anda pegang tongkat itu maka jiwa anda langsung bisa lurus ke Allah.

ingat pointnya adalah ke Allah, bukan tongkatnya.

saya dapat ilmu ini dari ust Abu Sangkan dan dari Bp. Haji Slamet Utomo. kemudian saya pelajari sendiri secara mandiri dan ternyata ini juga yang dilakukan oleh para Nabi yaitu menggunakan tongkat (bukan teken) bahkan dalam cerita sunan kalijaga pun menggunakan sarana tongkat untuk meditasi beliau (silatun)

patrap tongkat sunan kalijaga

oh ya … satu hal yang menari adalah tongkat ini kalau sering kita gunakan sebagai sarana ke Allah maka seperti sajadah yang sering kita gunakan untuk shalat, atau tasbih yang sering kita gunakan untuk dzikir maka tongkat ini akan memiliki daya yaitu daya ke Allah, sehingga jika dipegang oleh orang lain yang sensitif jiwa nya , secara otomatis bisa terbawa ke Allah dengan cepat. berarti bisa kita wariskan tongkat ini ke anak cucu kita… maka carilah tongkat dari kayu yang tahan rayap, tahan lama dan memiliki kekerasan yang tinggi.

baik bagi yang ingin belajar silahkan datang ke padepokan patrap di solo. …..

2 thoughts on “Patrap Tongkat (Pangkat) Sunan Kalijaga

  1. Sy pernah beli buku dzikir nafas bapak pada desember 2015,jujur sy masih bingung,hp yg dl yg terhubung grup line dzikir nafas hilang di ambil org,ada pin bb pak,agar
    komunikasi lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *