Iman paling rendah kepada Allah adalah mempercayai Allah tapi tidak mempercayai sifat dan perbuatannya. percaya yang semacam ini kehidupannya akan selalu diliputi dengan keluhan merasa diri hidup sial , banyak cobaan, banyak ujian dan lain sebagainya.

level iman berikutnya adalah percaya kepada zat allah dan percaya Sifat Allah. level ini memiliki ciri utama orangnya hidup tenang tapi seringkali teraniaya, hidup serba tidak berkecukupan dan selalu menganggap dirinya banyak cobaan. orang orang dengan tingkatan ini dia akan selalu mempercayai sifat sifat Allah tapi tidak mempercayai perbuatan Allah, jadi percaya bahwa Allah memiliki sifat maha memberi rizki tapi tidak percaya bahwa Allah memberikan rizki, percaya kepada sifat kasih sayangnya Allah tapi tidak percaya bahwa ALlah sealu berbuat kasih sayang pada dirinya, percaya bahwa ALlah memiliki sifat maha pengampun tapi tidak percaya kalau ALlah mengampuni dosanya.. dan seterusnya. sehingga orang yang demikian hidupnya selalu susah meski dia percaya kepada Allah.
nah .. level terakhir adalah orang yang percaya kepada zat Allah, percaya kepada Sifat sifat-Nya dan dia percaya kepada Perbuatan Allah (Af al). orang macam ini adalah orang yang bertipe sukses dunia akhirat. di dunia hidupnya selalu diatas angin, bahagia, kecukupan, dan belimpah rizki, jauh dari masalah hidup dan …. pokoknya manusia sukses lah… kenapa? karena dia selalu percaya atas perbuatan Allah bukan hanya sifat dan zat nya saja. jika dia minta ampun maka dia menjadi orang suci karena dia percaya 100% kalau allah mengampuni dosa nya hingga bersih 100%. jika dia meminta rizki maka dia jadi kaya karena dia percaya bahwa Allah memberi rizki… jika dia sakit minta sembuh maka sembuh karena dia percaya bahwa Allah dokter segala dokter bagi dirinya.
so.. percaya lah kepada allah yang meliputi zat asma dan af al nya, jangan dipisah pisah.