Peka Ramadhan

Ramadhan bulan penuh berkah, 10 hari pertama Allah menurunkan rahmat, 10 hari kedua Allah menurunkan ampunan dan 10 hari terakhir itqun minnannar (terbebas dari api neraka)

rasulullah pernah bersabda bahwa jika kita mengetahui hikmah yang besar di bulan ramadhan maka kita akan menginginkan seluruh bulan adalah bulan ramadhan. Hadis rasulullah ini mengapa didahului dengan “seandainya kamu mengetahui…..”, berarti kebanyakan kita tidak mengetahui, artinya turunnya rahmat, ampunan, dan kebebasan dari api neraka banyak manusia yang tidak peka.

peka ramadhan yang saya maksud disini adalah bagaimana kita bisa menangkap hikmah hikmah di bulan ramadhan, bagaimana kita bisa menangkap rahmat dan ampunan Allah. kalau kita mengetahui tentunya kita akan mendapatkan benar benar rasanya mendapat rahmat itu seperti apa, mendapat ampunan itu seperti apa, dan terbebas dari api neraka itu seperti apa.

seluruh hikmah dibulan ramadhan tentunya bukan isapan jempol belaka, yang hanya di quran atau hadis tanpa bisa dirasakan, jelas ini adalah karena kebodohan kita. seluruh hikmah dalam ramadhan tentunya dapat kita rasakan dan dapat kita tangkap kapan saat ini ketika kita menjalankan aktivitas di bulan ramadhan ini. Jangan berdalih… kalau tidak sekarang ya nanti di akhirat…. itu alasan kita saja karena kebodohan tidak bisa menangkap hikmah yang besar tadi

sekarang yang menjadi permasalahan pendidikan keagamaan kita yang tidak pernah mengajarkan bagaimana menangkap , atau kita tidak pernah diajarkan bagaimana menjadi receiver hikmah ramadhan . Kita terlalu fokus pada ritualistik ibadah  tanpa memperhatikan seperti apa aktivitas Ruh itu.jika kita mampu mengaktivkan ruh kita maka kita akan peka ramadhan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Peka Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *