Allah tidak mungkin memberikan pelajaran kepada kita yang aneh aneh. Pelajaran dan petunjuk Allah pasti bermanfaat untuk kehidupan kita baik di dunia ini maupun nanti diakhirat. ketika kita mendekat ke Allah menggunakan cara DN maka Allah langsung memberikan pelajarannya dan petunjukNya yang terletak pada pikiran dan emosi kita.

ketika kita mendekat ke Allah kita amati pikiran kita dan perasaan kita. jika kita belum merasakan coba amati lebih halus lagi. apakah ada perubahan peikiran dan perasaan. misalnya ketika dzikir apakah ada pikiran jahat yang masuk? tentunya ini menandakan bahwa Allah memberikan petunjuk untuk tidak berbuat jahat karena orang berbuat jahat pasti kepikiran jahat. contoh lain perasaan, bagaimana perubahan perasaan kita ketika mendekat ke allah tambah tenang relaks ? jika ya maka itulah pelajaran dan petunjuk dari Allah, yaitu kita diajari tenang dan di beri petunjuk untuk tenang.

ya… jangan berpikir tentang pelajaran dari Allah itu seperti pelajaran ilmu yang aneh atau petunjuk Allah tentang sesuatu misalnya tentang keadaan orang lain, tentang nasib atau lainnya, yang sebenarnya itu kurang memberi manfat apa apa. kalau misalnya kita mengetahui nasib orang lain apa manfaatnya untuk kita? apa manfaatnya untuk kehidupan akhirat kita… tapi coba bandingkn dengan pelajaran tenang dan pelajaran relaks manfatnya banyak kan, bisa kita pakai untuk shalat bisa kita pakai untuk kehidupan sehari hari. Coba kalau hidup kita tenang pasti akan hidup akan lebih menyenangkan.

baik jadi pelajaran dan petunjuk Allah ini sangat sederhana sangat simpel tapi manfaat untuk diri kita sangat besar. maka mari kita pelajari lagi apa apa yang sudah diberikan Allah dalam ber DN ini.