pelajaran filosofi piala dunia

1 bola untuk rebutan… tapi mengasikkan, rebutannya sistematis, teratur, penuh strategi dan penuh kecerdasan. ketika saya nonton yang saya baca bukan siapa yang kalah siapa yang menang, belanda atau brazil… uruguay atau  spannyol….bukan itu … saya hanya menikmati kebersamaa mereka dalam memperebutkan bola dan saya begitu menikmati bagaimana perjuangan 22 orang berjuang mempertahankan dan memasukkan bola ke gawang lawannya. ada semangat, tak kenal lelah, emosional, dan segudang rasa… ini pelajaran berharga bagi saya yaitu semangat… dan percaya diri… percaya diri ini lah yang akhirnya menjadikan yang kecil menjadi besar, yang tidak diperhitungkan menjadi pemenang (masuk 16 besar).

semangat mereka bisa untuk kita transfer menjadi kekuatan untuk ke Allah, semangat dan penuh percaya diri … ke Allah memerlukan semangat, tidak mudah putus asa… seperti kesebelasan yang terus berjuang maju ke depan untuk memasukkan bola ke gawang lawan. inilah nilai spiritual yang di dapat dari nonton bola…

kalau nonton bola terjebak pada menang menangan atau kalah kalahan maka kita hanya mendapatkan suasana emosi kecewa, marah dan hati yang berdebar debar .. sesuatu yang buang buang energi… apalagi jika di tambah dengan perjudian….

lebih dalam lagi , nonton bola dengan spiritual. kita lihat bagaimana allah menggerakkan kaki kaki mereka yang sedang bermain… lihat Allah yang menggerakkan mereka sangat mengasyikkan … kita dihibur Allah dengan piala dunia . begitu indah tontonan dari Allah yang berupa piala dunia… sekali lagi hal ini tidak ada kaitannya dengan menang atau kalah… karena menang atau kalah sudah kehendak allah. yang namanya kehendak Allah tidak boleh kita campuri … biarkan Allah yang memberi kemenangan atau kekalahan. terserah Allah.

dalam kehidupan, pelajaran piala dunia adalah permainan. seserius apapun bermain di tingkat dunia tetap saja PERMAINAN semua akan usai.. pemainnya serius, wasit serius, media iklan serius, penonton serius dan tak kalah seriusnya para komentator…. ha ha ha……. permainan yang di seriusi… jadi lucu seperti anak anak semua…,

dalam surat al hadid 20 disebutkan bahwa

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي اْلأَمْوَالِ وَاْلأَوْلاَدِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُوْنُ حُطَامًا وَفِي اْلآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيْدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللهِ وَرِضْوَانٌ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُوْرِ

Ketahuilah oleh kalian, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan di antara kalian serta berbangga-banggaan dengan banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang karenanya tumbuh tanam-tanaman yang membuat kagum para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning lantas menjadi hancur. Dan di akhirat nanti ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan- Nya. Dan kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Al- Hadid: 20)

hidup didunia adalah permainan seserius apapu kita dalam hidup ini sampai kita stresss.. tetap saja semua adalah permainan persis seperti piala dunia saat ini. semua harus dijalankan dengan santai, relaks.. dan selesaikan segala sesuatu dengan santai. karena sekali lagi semua adalah permainan.

nah kira kira demikian… salam …

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *