Pelajaran Puasa (2) Tips Menikmati Sholat Tarweh

sholat tarweh sebenarnya adalah sholat dimana kita bisa beristirahat. ini bisa anda lakukan dengan meniatkan benar bahwa sholat tarweh kali ini yang akan anda lakukan adalah bentuk istirahat. Anda harus melakukan sholat tarweh dengan relaks dan santai, sesantai ketika anda minum kopi di warunng kopi. Yang diperlukan dalam sholat tarweh bukan ketergesaan untuk segera menyelesaikan 11 rekaat atau 23 rekaat. yang anda perlukan hanya melakukan sholat dengan santai.

Sebaiknya sholat tarweh tidak lakukan dalam sholat berjamaah jika anda sudah menggunakan sholat tarweh ini sebagai tempat istirahat. rasulullah pun tidak mengajarkan sholat tarweh berjamaah. baiklah ini tidak perlu diperdebatkan, karena memang tulisan saya ini saya tujukan bagi siapa saja yang menghendaki sholat yang relaks dan tumakninah. tentunya bagi yang masih mentargetkan sekian rekaat itupun tidak salah.

kembali masalah tarweh, sholat tarweh dari asal kata sendiri adalah rehat atau istirahat. maka kita kembalikan sholat ini kepada asal pegertiannya. tips tips melakukan sholat tarweh

  1. setelah sholat Isya berjamaah di masjid pulang saja 
  2. lakukan sholat tarweh di rumah, anda tidak perlu dikejar waktu. 
  3. lakukan dua rekaat salam. setelah 1 kali salam istirahat anda bisa membaca quran atau menelaah isi quran, atau minum teh atau kopi ….. setelah selesai berdiri lah lagi lakukan sholat dua rekaat. 
  4. lakukan demikian, yang penting ada jeda untuk sholat berikutnya sebagai sarana untuk mengendorkan syaraf dan otot. bisa jadi anda sholat tarweh bisa sampai jam 11. karena jika anda relaks dalam sholat 2 rekaat ini bisa mencapai 20-30 menit. 
  5. jika mengantuk rebahlah di mushalla sambil menunggu waktu sahur, sebelum sahur  bila sholat masih belum lengkap dan ingin menambah dapat dilakukan diwaktu ini.

baiklah itu beberapa tips agar tarweh anda lebih bermakna.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *