Pelajaran Puasa (3) Mendawamkan Dzikir Nafas

Dzikir nafas pada intinya bukan pada nafas tapi lebih pada bagaimana kita bisa berdzikir kepada Allah, memnyebut asma Allah sebanyak banyaknya. seperti yang tercantum dalam surat al ahzab 41,  dengan nafas yang kita lakukan setiap saat maka kita akan dapat berdzikir melalui nafas ini. Puasa kita diperintahkan untuk tidak mengikuti dorongan jasad yang berupa hawa, yaitu hawa nafsu. Dengan dzikir nafas ini maka kita mengalihkan diri kita untuk tidak terikat oleh jasad (hawa nafsu). Sehingga tidak ada lagi kata menahan hawa nafsu, apanya yang ditahan karena kita terikat olehnya. kecuali kita masih terikat pada jasad maka kita akan menahan syahwat, menahan lapar dan haus, menahan hawa nafsu. makna menahan ini karena kita masih terikat.

Dzikir nafas yang dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan nafs atau diri kita tidak terikat lagi oleh jasad sehingga bisa bebas dari kekangan jasad. inilah yang dimaksud dengan “freedom of self” yaitu suatu kebebasan diri yang ternyata menjadi inti dari pada idul fitri. maka lakukanlah dzikir nafas semampu kita sesering mungkin.

Melakukan dzikir nafas harus dengan niat yang kuat harus dengan tekad yang bulat untuk selalu berdzikir kepada Allah. Terlebih di dalam bulan puasa ini maka sangat bagus jika kita melakukan puasa kita dengan mendawamkan dzikir nafas, terasa beda antara dizkir nafas dengan puasa dengan dzikir nafas ketika tidak puasa. Puasa ini semacam memberikan suatu dukungan kepada kita untuk melakukan dzikir, untuk kembali kepada Allah.

Dzikir nafas juga sangat baik di lakukan ketika menjelang berbuka. umumnya orang ketika menjelang buka kesadaran mereka adalah “saya mau buka dan makan dan makan dan makan” kesadaran ini sebenarnya menurunnkan derajat puasa kita kembali kepada keadaran jasad. Dengan adanya dzikir nafas kesadaran kita terjaga dengan selalu berdzikir kepada Allah, sehingga ketika berbuka hanya sekedar mambatalkan puasa, tidak “makan dan makan dan makan”. Baiklah semoga Dzikir nafas ini dapat bermanfaat bagi perkembangan spiritual terutama di bulan yang penuh berkah ini amin.

note

bagi anda yang ingin belajar dzikir nafas silahkan klik di link berikut : CARA MUDAH BELAJAR DZIKIR NAFAS

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Pelajaran Puasa (3) Mendawamkan Dzikir Nafas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *