permasalahan utama dalam berpuasa adalah menaklukan hawa nafsu. selama ini kita mengistilahkan dengan melawan hawa nafsu, menahan hawa nafsu. istilah ini sedikit-banyak sudah  menunjukkan kekalahan kita menaklukan hawa  nafsu. Misalnya pengertian menahan hawa nafsu, kata menahan berarti kita sudah bernafsu atau sudah terkena hawa nafsu cuma kita tidak ekspresikan.

nah sekarang saya ada tips praktis bagaimana menaklukan hawa nafsu ini.

  1. Anda harus mengenal mana diri anda dan mana hawa nafsu. ini dapat anda lakukan ketika menjelang berbuka puasa dan ketika berbuka puasa, dimana hawa nafsu anda bergejolak untuk makan sampai kenyang. nah ketika itu, amati nafsu anda dan pahami bahwa nafsu itu berbeda dengan diri anda (nafsu berbeda dengan diri anda yang mengamati)
  2. setelah anda mengenali langkah selanjutnya adalah tetap memisahkan diri anda dengan hawa nafsu, caranya  adalah dengan dzikir nafas. dengan dzikir nafas anda dapat melakukan positioning diri anda, bahwa diri anda terpisah dengan hawa nafsu. cara yang kedua ini harus anda lakukan secara terus menerus, sekali anda lengah tidak berdzikir maka hawa nafsu itu akan menyatu dengan anda. dan anda tidak akan bisa lepas dari hawa nafsu kecuali anda melakukan dizkir kembali

kesimpulan: masalah hawa nafsu sebenarnya adalah masalah posisi diri kita, jika kita pandai memisahkan maka kita akan berhasil dalam mengatasi hawa nafsu.