Pelatihan Islamic Spiritual Parenting Jakarta 11 dan 12 Oktober 2014

Orang tua sering menderita karena anak, saya sering mendengar keluhan orang tua tentang anaknya. Anak 2 saja keluhannya begitu hebat yang inilah dan yang itulah, sangat berbeda dengan embah embah kita dulu yang punya anak hingga belasan, embah embah dulu tidak jarang yang mengeluh…

Orang tua sering mengeluh dengan tentang anaknya namun merasa tidak bermasalah dengan dirinya. coba bayangkan kalau orang tua secara mental terganggun namun tidak merasa terganggu, ini sama halnya (maaf orang gila yang merasa dirinya tidak gila). sehingga hal ini semakin hari akan semakin parah… dan tidak sedikit menimbulkan masalah masalah yang lebih komplek terutama berkaitan dengan masa depan anak. Orang tua yang mendidik dengan keadaan emosi yang kurang positif maka akan berdampak besar pada kejiwaan anak. dan ini sudah sering terjadi, bahkan saya pernah mengamati ada seorang anak yang dibesarkan dengan hardikkkan dan cemoohan orang tua karena orang tuanya stress melihat anaknya diajari membaca tidak bisa bisa, setiap malam cemoohan dan hardikkan itu terjadi dan benar ketika besar anak ini bikin ulah, kuliah tidak selesai dan hamil diluar nikah. baik mungkin anda tidak percaya apa kaitan antara hardikan orang tua dan perilaku hamil diluar nikah si anak. Baik … secara singkat begini ketika anak di hardik dia akan menyimpan dalam bentuk file negatif, bisa jadi dia denda dengan orang tua, bisa jadi dia menginternalisasi “hardikkan” orang tua sebagai sesuatu yang nyata dan benar … dan file negatif ini jika terakumulasi akan menjadi suatu perbuatan yang ringat namun berdampak besar pada keluarga.. “hamil di luarnikah’ suatu perbuatan yang ringan namun bisa mencoreng nama keluarga, bisa membuat status dirinya dari gadis menjadi Ibu dan lainnya. nah untuk itu sebagai orang tua seharusnya memiliki kesehatan mental yang baik agar anak anak yang didik pun memiliki jiwa yang baik.

program training spiritual parenting ini akan saya fokuskan bagaimana membuat orang tua bahagia dalam mendidik anak. Sikap anak yang positif itu jelas membahagiakan namun bagaimana jika si Anak karena saking kreatifnnya bikin sesuatu yang tidak menyenangkan apakah kita juga bahagia?

 

menjadi orang tua harus memiliki dasar dasar mendidik yang positif seperti yang diajarkan Rasulullah kepada kita. dasar dasar ini ada empat pilar utama

 

empat pilar yang berasal dari kekuatan spiritual silatun ini akan menjadikan orang tua mampu menjalankan amanah dengan baik, mampu menjalin kasih sayang dengan anak, mampu meridloi anak dan mampu mensyukuri anak.

dengan 4 kekuatan spiritual inilah orang tua akan bahagia dan anak akan menjadi sukses sesuai dengan kodrat dan takdir Allah yang sudah ditetapkan.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *