pelatihan sholat khusyu "bid'ah"

anjing menggonggong kafilah berlalu… demikian kira kira kalimat yang pas untuk para ahli yang suka membidah kan orang. membidah kan orang kadang menjadi hobi mereka, padahal mereka juga bidah ,,, (lho kok jadi ikutan membidahkan orang…!!! ) kenapa kok yang membidahkan tergolong yang bidah… jawaban klasik… tidak ada perintah nya untuk membidahkan orang. coba cari¬†dalil nya apa ada¬† di quran maupun hadis yang menganjurkan untuk membidah kan orang sesama muslim….. jadi jangan membidahkan orang karena dia sendiri nantinya yang akan bidah.

sebagian kita, naudzubillah min dzalika… memiliki semacam hobi atau kesenangan untuk membidah kan orang. kenapa naudzubillah… karena tipe orang yang sombong adalah merasa dirinya lebih baik dari orang lain. jadi membidahkan orang justru kena hukum ini yaitu sombong, padahal sombong ini suatu dosa besar yang harus dihindari.

jadi untuk para pembid’ah kami harapkan untuk mengurangi frekwensinya membidahkan orang, terus bagi orang yang dibidahkan langkah pertama adalah sabar, kedua tidak perlu meladeni…. biarkan saja… kita serahkan saja kepada allah .. biar allah yang urus….