Pendidikan karakter siswa berbasis spiritual di lingkungan sekolah

Sekarang ini pendidikan karakter cukup marak di dengungkan di mana mana, dari tingkat walikota hingga bupati bahkan gubernur jawa tangah tak jenuh jenuh nya selalu menekankan pendidikan karakter baik di rumah maupun di lingkungan sekolah. sebab memang sudah saat nya pendidikan karakter ini menjadi fokus penekanan tidak hanya pendidikan yang bersumber dari otak saja… terlalu banyaknya materi sekolah yang dijejalkan dalam pikiran siswa sehingga banyak siswa yang nge hang dan terpaksa harus d restart…..

Pendidikan karakter bukanlah materi pelajaran seperti halnya materi pelajaran agama atau lainnya, pendidikan karakter adalah bentuk pendidikan ruhaniah yang langsung dapat dirasakan siswa sehingga perubahan perilaku lambat laun dapat terjadi (ingat bukan instan, sebab sesuatu yang instan dampaknya juga instan).

saya sangat apresiet dengan pendidikan karakter yang berbasis pada spiritual experience, yaitu mengalami suatu keadaan yang dapat mempengaruhi pola pikir, pola persepsi dan pola perasaan yang kemudian teraplikasikan dalam pola perilaku yang lebih positif. metode ini harus sering sering di praktekan di sekolah karena tujuan utamanya adalah penanaman jangka panjang (bukan instan).

Dengan spiritualitas akan membangkitakan kecerdasan spiritual pada diri anak, dengan adanya kecerdasan spiritual inilah nanti kecerdasan di bawahnya seperti kecerdasan emosi dan kecerdasanintelektual akan terbangun.

kegiatan simpel di sekolah yang dapat dilakukan antara lain doa sebelum pelajaran dimulai , ajaklah anak anak untuk silatun sambung ke Allah dan kemudian pujilah Allah setelah itu memohon kepada Allah. nah kebiasaan ini saja jika dilakukan terus menerus akan membentuk pola perilaku anak ya tentunya akan berbeda tiap anak, tapi pasti ada dampak positif dari melakukan kegiatan ritual seperti ini. Nah mungkin hal ini sudah biasa dilakukan, tapi coba silatun atau sambung secara benar benar sudah dilakukan apa belum, silatun ini lahyang menjadi kunci utama dari pada pendidikan spiritual. semakin kuat silatunnya maka akan semakin kuat pengaruh terhadap siswa.

ada lagi satu kegiatan yaitu melatih anak untuk menjalankan sholat dengan tumakninah, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang pendidikan karakter anak. saya masih merancang bagaimana sholat ini bisa menjadi pendidikan karakter yang efektif ┬ádisekolah , ayat nya saja jelas bahwa sholat dapat mencegah perbuatan yang tidak baik, berarti sholat secara teori dapat digunakan untuk pendidikan karakter. Cuma kita harus membuat formula yang tepat untuk anak anak …mohon doanya….semoga bisa cepat saya selesaikan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Pendidikan karakter siswa berbasis spiritual di lingkungan sekolah

  1. asslm mas pur,
    menurut pengalaman mas pur anak usia berapa sudah bisa mulai di ajarin shilatun? dan bagai mana caranya mas..
    salam,
    himawan jogja

    • waalaikum salam, 2 tahun mas insya Allah sudah bisa, caranya dengan mengajak si anakuntuk berdoa, meminta kepada Allah. kalau anak kan pikirannya sederhnaa mas, jadi ajak anak untuk berinteraksi dengan Allah secara sederhana pula, selamat mencoba mas Him HIm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *