Pengertian Jadzab

jadzab muncul karena adanya perubahan kesadaran dalam berTuhan. Ketika seseorang meningkat kesadaran dalam bertauhid maka dia akan melihat sesuatu yang lain dari orang pada umumnya yang kesadarannya tidak sama dengan dirinya. Misalnya “dia tertawa melihat orang membaca al quran tapit tidak paham maknanya”, seperti dia melihat anak anak yang belajar membaca tulisan bahasa inggris tapi nggak tahu artinya. Inilah yang saya maksud dengan jadzab yang asli.

jadzab bukanlah gila seperti yang kebanyakan di rawat di rumah sakit jiwa. kalau itu memang benar benar gila, tapi kalau jadzab dia benar benar mengerti keadaan dirinya. di beberapa tempat ada yang menganggap gangguan jiwa ini jadzab misalnya karena anak kyai maka gangguan yang dialami dianggapnya jadzab.

Jadzab itu otomatis ketika keadaan kesadaran meningkat. semakin meningkat maka akan semakin jadzab, sampai dia mendapatkan lingkungannya benar benar lurus ke Allah. tidak akan menang melawan orang jadzab karena dia enjoy dengan hujatan dan cacian, karena dia melihat bahwa yang menghujatnya dan mencacinya masih TK masih play group…. dia hanya senyum dan sesekali komentar “gitu aja kok repot”.

Semakin orang menentangnya maka semakin menunjukkan bahwa orang tersebut memperlihatkan tingkat ke kanak kanak nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *