Pengukuran perilaku sholat

Sholat adalah perilaku ibadah yang sering banyak di lakukan oleh umat islam, tapi masih sedikit yang sadar akan kualitas sholat yang mereka kerjakan. Aktivitas yang rutin ini ternyata  semakin sering dilakukan tidak  membuat orang semakin sadar akan perilaku sholatnya yang jauh dari sempurna, kita lihat saja misalnya tentang tumakninah. ketika melakukan sholat yang tumakninah kebanyakan orang yang menjalankan sholat selalu tergesa-gesa dan ingin cepat sholat, ini adalah satu contoh yang banyak terjadi di kalangan umat islam yang menjalankan sholat. Permasalahan ini juga kurang mendapat perhatian dari para ulama, ustaz atau lembaga yang mengurusi keagamaan keislaman, seperti MUI atau organisasi islam lainnya. mereka disibukkan dengan aktivitas pembelajaran, permasalahan sosial bahkan politik.

Permasalahan tentang sholat seharusnya disadari oleh semua kalangan dan semua pihak yang terkait. Kesadaran akan pentingnya sholat pertama harus kita buka dulu kenyataan dilapangan yaitu bahwa masyarakat belum menjalankan sholat dengan benar. fakta inilah yang akan saya ungkap melalui skala yang saya buat , dengan skala ini diharapkan semua bisa lebih sadar tentang kekuarangan sholat yang dijalankannya sehingga termotivasi untuk mempraktekan sholat dengan benar dan baik sesuati tuntunan rasulullah SAW.

Skala saya buat bersama beberapa mahasiswa saya dan saya terstandarisasikan dengan 500 responden yang berada di sekitar solo. dari hasil sementara analisis aitem yang saya lakukan semua aitem valid dan secara keseluruhan reliabel. berarti skala ini layak digunakan untuk mengukur tingkat perilaku sholat dari para calon responden. Rencana kedepannya skala ini akan kita gunakan sebagai dasar pemberian pelatihan sholat , dengan mengetahui kekurangan calon peserta pelatihan melalui skala ini maka materi, cara penyampaian , dan penekanan akan bisa dilakukan sesuai dengan keadaan peserta pelatihan. sekaligus, skala ini dapat menjadi alat ukur kesuksesan peserta mengikuti pelatihan yaitu dengan model pretest dan posttes.

Perilaku sholat yang saya ukur melalui alat tersebut meliputi 2 aspek utama yaitu relaksasi (tenang) dan perilaku meditatif (dzkrullah).

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “Pengukuran perilaku sholat

  1. untuk tahu bahwa mereka sholat dengan spiritualitas tinggi,sedang dan rendah,bagaimana mengukurnya secara operasional?

  2. Assalamualaikum pa ustad, bagaimana caranya bila saya ingin menggunakan kuesioner tersebut dalam riset saya.
    wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *