Perbedaan ilmu makrifat dengan makrifat

ilmu makrifat adalah hasil dari makrifat sedangkan makrifat sendiri adalah kesadaran mengenal Allah. Disini berbeda jelas apa itu ilmu dan apa itu kenyataan. Seorang pejalan (salik) maka dia akan makrifat, tapi kalau dia pencari ilmu makrifat maka dia akan dapat ilmu makrifat. banyak dari kita yang terjebak pada mencari ilmu makrifat, belajar tasawuf bertahun-tahun sampai dikepalanya penuh dengan berabagai macam ilmu tasawuf dari mulai istilah, sejarah, maqom-maqom , bagaimana cara mencapai maqom maqom dan seterusnya. demikian banyak ilmu ini hanya sebatas kognitif atau pengetahuan, belum menyentuh esensi kesadaran yang sebenarnya. terlalu banyak ilmu tasawuf  dan minimnya amaliah masih di tambah dengan lemahnya mental seringkali menyebabkan stress bahkan banyak yang akhirnya gila.

Beda dengan makrifat, makrifat itu sederhana yaitu sadar Allah. pada level ini orang tidak banyak bicara dan belajar melalui buku, orang yang makrifat (sadar Allah) selalu belajar kepada Allah, karena memang melalui kesadaran itu Allah mengajarkan banyak hal.

Orang makrifat kalau bicara bukan bicara ilmu tapi bicara pengalaman,ini berbeda dengan orang yang belajar ilmu makrifat maka dia banyak bicara dari sisi ilmu nya bukan amaliahnya atau pengalamannya.

maka banyak kita temui juga bahwa orang makrifat justru ada pada orang orang biasa namun dia memiliki istiqomah tinggi untuk selalu sadar Allah. pakaian yang dia kenakan cukup sederhana tidak menggunakan atribut serban, jubah, dan lainnya.

antara ahli ilmu makrifat dan ahli makrifat memiliki pengajaran yang berbeda. Karena ahli makrifat basic nya adalah experience maka apa yang dia ajarkan adalah apa yang dia alami dalam bentuk cara yang sederhana. berbeda dengan ahli ilmu makrifat yang banyak bicara pada tataran ilmu. Ahli ilmu makrifat biasanya kemana mana membawa kitab kitab karya orang makrifat misalnya kitab madarijus salikin, ihya, al hikam.. dan lainnya. Kitab kitab tersebut merupakan karya orang makrifat yang dibaca dan dipelajar oleh ahli ilmu makrifat.

sekarang mari kita evaluasi diri kita, kita ingin menjadi ahli ilmu makrifat atau ahli makrifat? kalau hanya ilmu tidak akan menjadi makrifat, tapi kalau anda makrifat (sadar Allah) maka anda akan mendapatkan ilmu.

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “Perbedaan ilmu makrifat dengan makrifat

  1. Assalamuaalaikum.
    Pak Purwanto, apakah Thariqat salah satu metode menuju Ma’rifat?
    Terimakasih
    Wassalam

    Ami Thalib Seqafi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *