Perbedaan Kesurupan Antara Negara Malaysia dan Negara Indonesia

beberapa kali ke malaysia dan mendengarkan beberapa kasus kesurupan di negara malaysia, ternyata ada perbedaan mendasar antara kesurupannya orang malaysia dan orang indonesia. Perbedaan mendasar ini ternyata berangkan dari sistem keyakinan yang berbeda di kedua negara. dimana kalau di malaysia latar belakang budaya yang kurang kental di banding di indonesia maka model kesurupannya pun lebih agamis, artinya kesurupan yang di dasarkan pada pemahaman pemahaman agama yang terkait dengan hal hal ghoib. Misalnya kalau kesurupan di malaysia mereka kesurupan jin ifrit, jin arwah dan lainnya yang note bene jin jin ini sering disampaikan di pengajian pengajian disana. misal jin arwah jin sering menyerupai orang orang yang sudah meninggal. jin ini sering mempengaruhi agar dia bisa masuk ke kesadaran dan mengaku menjadi orang yang sudah meninggal.

lain dengan orang indonesia, beberapa kasus kesurupan mengaku sebagai penunggu pohon, mengaku sebagai jin ini dan itu, jin penunggu rumah, dan ini tidak ada kamus islamnya.

nah perbedaan dari model kesurupan di malaysia dan indonesia ini adalah bahwa pengertian jin dalam islam pun jika di pahami dengan keimanan yang lemah akan membawa keadaan kesurupan. di Indonesia sama halnya, disini, pemahaman hantu dan jin, spesiesnya lebih banyak dari pada yang di malaysia sehingga jumlah kesurupan variasi lebih banyak dari pada malaysia…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *