spiritual adalah dimensi keyakinan kepada sesuatu kekautan diluar dirinya yang dipercaya bisa membantu, menolong, dan mendampingi disetiap keadaan.  ternyata Allah ada lah Dzat yang dapat dipercaya untuk membantu, menolong dan mendampingi kita disetiap keadaan. keadaan ini mirip ketika seseorang memiliki jin , memeliharan jin yang bisa dipercaya untuk membantu, menolong dan mendampingi kita disetiap keadaan. namun ingat mempercayakan kepada selain Allah adalah syirik sedang mempercayakan kepada Allah adalah beriman.

sekarang mari kita sadari bahwa Allah adalah objek spiritual yang harus kita sadari bahwa Allah adalah Dzat mutlak yang memiliki kekuatan unlimited. benar benar bahwa Allah adalah Akbar.. sehingga kekuatannya juga Akbar jika kita tahu ini maka tidak mungkin kita akan mengandalkan jin atau yang lainnya karena kekuatan terbatas dan limited.

perbuatan perbuatan kita yang nota bene menggunakan kekuatan individu mulai sekarang kita coba untuk menggunakan kekuatan Allah yang maha dahsyat. jadi ketika kita melakukan sesuatu biarkan kekuatan Allah yang berjalan syaratnya kita mempercayakan bahwa Allah dpat menyelesaikan nya, kemudian kita ikuti daya yang muncul dari kepercayaan kita kepada Allah.

tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan kekuatan ini, kekuatan Allah dapat digunakan untuk masalah apapun baik itu masalah yang sangat besar ataupun masalah yang sangat kecil atau masalah yang sedang sedang saja. semua sangat mudah bagi Allah.

perbuatan yang dilandasi spiritual akan menyebabkan kita hidup dalam penuh optimisme, semangat dan selalu dapat menyelesaikan masalah tanpa susah payah.. kerana semua mendapatkan penyelesaian dari Allah… untuk itu sekali lagi dengan mengandalkan Allah maka urusan kita akan mudah dan cepat selesai.