Pengalaman saya membaca al quran, dari mulai bisa membaca hingga sekarang, tidak ada yang saya dapatkan apa apa dari Quran tersebut, termasuk saya juga tidak mendapatkan maksud maksud Allah atau perintah perintah Allah dari Quran yang hanya saya baca.

saya baru ngeh (paham) ketika saya membaca dan mengerti artinya, dari mengerti artinya ini saya pelajari dan saya baru tahu bahwa Allah memerintahkan kepada saya sesuai dengan apa yang ada pada ayat quran yang saya baca.

ajiabnya saya memahami isi perintah Allah ini, adalah tumbuhnya satu motivasi untuk menjalankan perintah tersebut. saya bandingkan ketika saya ikut pengajian yang ada ustadnya, kemudian ustad itu membacakan quran lalu beliau perintah ini dan itu sesuai penfsirannya, nilai motivasi mengamalkannya jauh diatas ketika saya mendapatan perintah dari Allah dari quran yang saya baca . fenomena ini setelah saya amati kenapa terjadi perbedaa semangat menjalankan quran, ternyata kalau dari quran motivasi muncul secara internal karena Allah yang perintah, tapi kalau melalui ustad maka yang muncul adalah motivasi eksternal yaitu dari ustad.

ya ini pengalaman pribadi saja, yang bisa anda ambil pelajarannya terntunya. pelajaran yang utama adalah bahwa mulai sekarang kita usahakan untuk mengetahui arti daripada al quran yang kita baca, satu hari mungkin kita hanya dapat 4 atau 5 ayat, tapi dampaknya anda akan termotivasi menjalankannya, yang sangat berbeda jika anda membaca hingga 2 atau 3 juz sehari tapi anda tidak mendapatkan apa apa dari yang anda baca.