pesugihan sholat : cara instan jadi orang kaya

pesugihan berasal dari bahasa jawa yang artinya alat atau cara untuk mencari kaya. biasanya orang jawa kalau mendengar pesugihan maka asosiasinya langsung mengarah kepada tuyul, babi ngepet dsb. dengan bantuan jin jin tersebut tuannya atau yang memiliki jin tersebut akan mendapatkan kekayaan.
di dalam sholat ternyata bisa kita jadikan pesugihan juga. artinya dengan sholat kita bisa kaya. bagaimana caranya :
1. sadari bahwa kaya bukan kehendak kita tapi kehendak Allah, perintah Allah, dan sunnah rasulillah…kesadaran ini sangat penting agar pikiran pikiran negatif tentang “kaya” tersingkirkan berganti dengan sikap positif. kalau kita sadar bahwa kaya adalah perintah Allah dan sunah rasulullah maka kita akan bersemangat untuk menjadi orang kaya, senang bekerja dan senang menjalankan segala sesuatu yang itu mendatangkan kekayaan. anda mungkin bertanya mengapa kaya itu perintah? ya karena sedekah itu perintah…haji itu perintah, zakat itu perintah ..perintah Allah itu kan memerlukan harta atau kekayaan.. jadi kaya itu ada perintah Allah, siapa yang menjalankannya akan mendapatkan kebahagiaan dunia akirat.
2. sadarlah bahwa allah telah menyiapkan harta yang berlimpah kepada kita, asalkan kita berdoa kepada Nya… untuk bisa kaya..harta kekayaan yang sudah disiapkan Allah ini tersirat dalam perintah perintah allah untuk meminta rejeki kepada Nya. misalnya dalam sholat pada saat duduk iftirasy kita membaca war zuqnii, doa ini adalah perintah allah kalau allah memerintah kita untuk berdoa yang demikian mustahil allah tidak menyiapkan rejeki yang banyak kepada kita. asal doanya bersungguh sungguh rejeki yang sudah disiapkan allah ini pasti akan diturunkan kepada kita. inilah arti dari pesugihan sholat , yaitu bagaimana kita ketika duduk iftirasy kita betul betul berdoa kepada Allah…
3. jadilah orang yang aktif….kerjakan apapun yang bisa dikerjakan, jangan menjadi orang yang pasif, diam, lemas, kurang semangat.. dlll…. orang yang aktif ini akan memudahkan turunnya rejeki dari allah…
silahkan di praktekan ke tiga tiganya…. semoga kita dijadikan orang yang kaya raya yang diridloi Allah amiin

66 thoughts on “pesugihan sholat : cara instan jadi orang kaya

  1. Allahumma iniaudzubika minal hami nwal hajan kita mau minta perlindungan Allah dari sifat malas dan lemah..ini adalah sebuah doa yg dapat membuat kita sadar bhwa ternyata malas itu penyakit dan lemah itu virus yg berbahaya ..jadi kita mohon pd allah dijauhkan dari ke duanya. Trus lebih terasa lagi kita diwajibkan berprasangka baik pd Allah itu ternyata senjata agar kita mapan dan dipapankan Allah pd tempat yg tepat buat kita shg ridho_Nya lah yg hanya kita harapkan. Dan untuk yg no 3 ni sebetulnya bersifat sunah Ya Mas maksunya sebagai sebab atau syarat agar Allah membuka pintu Rezeki kita to.. ya sbg alasanlah dgn kita mau menampakan usaha ato obah itulah pintu menuju sebab mengambil rezeki yg telah disedialan Allah buat kita..smoga hati ini selalu paham dan dibuka pemahaman sehingga memudahkan kita meraih sukses dalam hidup ini. Siip Mas Pur smga Allah merahmati Panjenengan dan Kel. Salam buat kel Patrap semua.

  2. pak.apa dengan sholat seseorang akan mendatangkan banyak rejeki tok….bgaimana dengan orang yang bnyak rejeki tp jiwanya tidak tenang meskipun harta yang dimiliki didapat dengan halal?

  3. * mas thahir:
    kaya lahir dan juga kaya batin mas, itu sangat lebih baik. yang terpenting adalah kekayaan yang dianugerahkan ALLAH ini kita gunakan untuk belanja di jalan ALLAH. kenapa islam sebaiknya kaya, karena dengan kekayaan itu, bisa kita gunakan untuk bersedekah, membantu yang kekurangan, dsb.

    *mas arif:
    kalau jiwanya tidak tenang meskipun hartanya berlimpah, itu adalah dia tidak beriman, karena orang yang beriman PASTI jiwanya tenang.

    kalau memang tidak menyediakan rezeki kepada umat muslim, tentu dalam duduk istiroj, tidak ada doa war zuqni (ini adalah dasar sederhana saja).

  4. Bapa kami yang ada di Surga
    Dimuliakanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu,
    diatas bumi seperti di dalam surga

    Berilah kami rejeki pada hari ini (secukupnya)
    dan ampunilah kesalahan kami
    seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami.
    dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan
    tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

  5. Kalo sholat, dzikir, berdoa membuat orang islam kaya kenaapa justru orang kafir banyak yang kaya sedangkan kita terbirit birit dengan hutang

  6. saya sudah melakukan semua anjuran banyak kyai. sudah puasa dan tirakat segala macam. tapi masih kesulitan keuangan. dari tahajud, dhuha,hajad, tasbih sampai amalan al waqiah sudah saya jalani. ada solusi lain ??

    • saran saya jangan terlalu banyak tirakat, karena nampaknya semakin banyak tirakat Ibu tari semakin berpikir negatif, sebaiknya tidak perlu tirakat, senangkan hati, happy dengan apa yang ada, makan enak, tidur nyenyak…. semua kan ada di bagaimana kita mengolah dalamm pikiran hati… dan yang paling utama adalah BERSYUKUR saya yakin tirakat SYUKUR ini akan merubah Ibu tidak lebih dari 7 hari, insya Allah

  7. Tuhan tdk akan merubah nasib Umatnya kecuali kita yang harus merubahnya sendiri.bagi siapa saja yang tahu informasi bank gahib tolong hubungi saya di [email protected] karena saya saat ini terlilit utang.mohon berkenan membantu saya

  8. maaf om setiyo saya kurang sependapat kalo dgan sholat .zikir. doa ..apapun namanya klo peribadatan akan menghasilkan dari sisi materi atau kata lain harta dunia bukan berarti g boleh kaya tpi kekayaan g ada hub dgan allah .Allah tidak bergantung dgan sesuatu apapun jdi peribadatan itu tidak mengharap apapun sifatnya kalo mau kaya usaha yg kuat saya pikir g perlu bawa bawa allah .apa lagi ibadah motifasi nya ingin kaya kacau…kasian allah di puja dan di puji karna srsuatu..Allah wajib di kenali dan di imani bukan untuk meminta saya pikir maaf ..saya pikir boleh ya mas g sependapat..itu lah ke besaran alllah

    • senang pak iwan jika kita berbeda pendapat…. kalau yg saya rasakan apapun masalah kita ibadah kepada Allah solusinya, termasuk masalah materi

  9. tirakat boleh saja bu tapi carilah prang yang tepat jangan tergoda dukun, juru kunci atau penipu yang berkedok kyai.ini aku sendiri sudah merasakan hasil dari tirakat tersebut.sekali lagi kalo tirakat carilah orang atau pembimbing yang tepat

  10. Dalam hadis dikatakan wahai umat rosul muhamad SAW,berdoa dan mintalah apa yang kamu ingginkan dan niscaya akan aku kbulkan it janji Allah..

  11. saya rasa pendapat pak kiyai sah-sah saja, selama yakin bahwa semua sudah tertulis ketika kita 40 hari dalam kandungan. namun kita juga yakin bahwa rahmat tuhan lebih luas dari langit dan bumi.
    terimaksih atas masukannya dan jangan lupa seperti sabda rosul : “berdo’a lah kamu dan allah akan mengabulkannya, namun jika kamu sabar dalam menjalaninya (menjadi lebih dekat dengan Allah) niscahya itu lebih baik”.. Wasalam

  12. saya kurang setuju dengan artikel diatas, meskipun sholat berisi doa.. tapi kalo sudah ada pamrih sesuatu.. ingin kaya.. ingin apalagi.., riya namanya..hati-hati..riya sangat dekat dengan syirik.

  13. amiiin..sy bersyukur adanya blog ini, sy prihatin knapa banyk muslim yg terjebak menjd musyrik..masyaallah..smoga allah mengampuni kesalahan dan dosa kita serta mempermudah ibadah kita,trima kasih mas setiyo, jdkan blog ini sbg wadah solusi bagi teman2 yg sedang di uji.

  14. sebelumnya terimakasih dengan blog ini,saya banyak belajar tentang apa itu hidup,dan saya sangat menyesal tdak bisa dtang dlam pelatihan membyar hutang kemarin.pak bgaimana saya bisa mulai sholat yang kusyu,jika pikiran dan hati saya terpaut dengan hutang yang tiada hentinya.sedangkan kami sudah lelah berusaha apakah ada bedanya syukur dengan pasrah jika posisi saya sekarang semakin dekat dengan lobang jurang yang dalam.saya seperti berada di tepi jurang dengan menggandeng anak,istri dan kluarga saya.apakah keajaiban itu ada untuk saya,bahwa 5 hari lagi saya tdak tahu harus bgaimn,sedangkan setahun kemarin kami sudah berusaha sekuatnya.mohon bantuan doa bagi pembaca blog ini semua,dan untuk bpk stiyo terimakasih untuk semua ulasanya.

  15. tiap orang punya jln hdp sendiri untuk di proses agar dpt dekat dg allaah…..untuk bpk mardiono akupun pernah terlilit hutang yg lumayan banyak sampai pernah mau di usir kakak iparku saking malunya punya adik yg banyak hutang…karena waktu itu q ikut mertua…..bnyk jln ketika allaah menghendaki bpk keluar dr beban hutang….nuwun

  16. Sholat bukan untuk kaya Boss,kaya hati pun nanti dulu, pada kenyataanya semakin kita beribadah istiqomah ujian hidup semakin berat,bahkan sebagian nabi sempat melarikan diri mengingat beratnya cobaan,dimuliakan disisi Allah belum tentu disisi manusia,bisa jadi sebaliknya,kalau sudah begini akhirnya ikut arus,gak peduli ustad lho?paham?

    • padahal semakin kita mendekat ke Allah …. tidak ada cobaan lagi, tidak ada ujian lagi (kecuali kalau kita lalai), nabi tidak pernah menganggap apa yang dialami adalah cobaan…. kalau kita dimuliakan disisi Allah sudah sangat pasti kita mulia disisi manusia… jika tidak demikian maka sudah sangat pasti kitanya yang error…

    • jangan murtad bung…, berdo’alah yang benar. fokuskan fikiran kita waktu melaksanakan shalat, waktu megucapkan takbir “allahhuakbar” jangan allahu akbray, sehingga fikiran kita ingat pada hal hal lain. Bersihkan diri kita baik pakain, badan kita jangan sampai baju kita bau keringat , malu dong masa kita mau menghadap allah badan kita bau, masa kalo kita mau bertamu baju kita bersih rapi bahkan pake wewangian.

  17. cobaan, ujian adalah obat, ada obat yang rasanya pahit, ada yang manis.. maka bersyukurlah terhadap Karunia Allah tersebut.. biasanya marasakan manfaat obat itu belakangan..

  18. setuju dgn pak ustaz. nggak ada ujian kalau sudah dekat ke Allah. Maaf kalau pendapat saya ini salah. Dulu saya ada nonton di televisi, ada seseorang melakukan “prank” kepada org yg disayanginya hingga membuat beliau yg di usik itu ruwet sekali. tapi bila ketahuan beliau itu di usik oleh org yg beliau sangat sayangi jadi lucu pula malah terus gembira. ini sekadar pendapat saya aja. Maha suci Allah yang tidak serupa dengan apa pun yg kita fikirkan.

    • sholat atau shollu bisa berarti “hubungan”, dalam diri kita ada “RUH tiupan ALLAH”, RUH inilah yang mesti dihubungkan/ sholat kepada ALLAH, selama ini kebanyakan orang yang sholat cuma TUBUH-nya saja, tapi BATIN-nya tidak sholat, maka gimana RUH-nya bisa nyambung..?, lantas kalau dalam sholat saja tidak nyambung kepada ALLAH, bagaimana kehidupan sehari-harinya…?,bisa dipastikan tidak nyambung kepada ALLAH, oleh karenanya begitu mendapatkan ujian/masalah/musibah langsung GOYAH…, coba anda buka Q.S.2:153-157, kemudian Q.S.54:40;32;22;17;15, baca artinya dan pahami, kembalilah kepada ALLAH / AL-QUR’AN dan ROSUL-NYA /SUNNAH-NYA. orang hidup punya HUTANG itu WAJAR, jika sebab hutang itu karena menjalankan kewajiban, cuma bagaimana kita bisa mengendalikan diri kita, dan PASRAH kepada ALLAH, sehingga solusi itu bisa kita dapatkan, INSYAALAH AMIIN..

  19. hidup didunia ini tidak gratis BOS…. sholat adalah ritual atau jalan hambanya untuk memuja pada TUHANnya. wallahu’alam bisshowab

  20. Nwn sewu, klo kata2 Rizqi di arti kan sebagai uang /harta saya rasa kurang tepat, krn hidup,hidayah menjadi iman dan islam jg termasuk rizqi, dan saya pribadi tidak sependapat dngn pendapat anda. Ma’af

  21. smua orang pasti ingin kaya tapi mereka ngak tau tujuan kaya yg sebenarnya mereka cuma ngomong aja, tpi setelah kaya apa yang dia perbuatan nya jauh dari apa yg di lakukan sbelum kaya, karena ingin kaya berlandaskan nafsu serakah, dan dendam semata, kenali lah diri dengan rasa mu yg sejati

  22. ber tahun2 aku cari pesugihan tapi nggak pernah berhasil. Suatu hari saya temukan forum tentang BRAINWAVE, LAW OF ATTRACTION, QUANTUM IKHLASH. Alhamdulillah hidupku sekarang sangat jauh lebih baik dari sebelumnya. ternyata cari uang itu MUDAH n MENYENANGKAN. Makasih ya Allah. HIDUPKU BAHAGIA DAN BERKECUKUPAN.
    Feel Good + Bersyukur + Sedekah, maka apapun keinginan anda akan TERWUJUD
    ALLAH mengabulkan semua doa hambanya. PERCAYALAH

    Makasih Ya ALLAH

  23. makasih ustad atas ilmunya. Smoga Allah slalu merahmati ustad n Smoga Allah mengikat hati kami agar slalu dalam petunjukNYA. AMIN

  24. Tanpa diduga, saat ini aku merasa musibah terus datang.. Sesuatu yang bukan seharusnya aku tanggung, malah diarahkan ke saya.. Suatu pekerjaan yg aku dimintai tanda tangan oleh pimpinanku, terjadi sesuatu yg tidak diinginkan dalam berbisnis, nyatanya pihak rekanan belum terbayar oleh perusahan sebesar 10% dr nilai jual beli, pada saat ini pihak rekanan mengejar saya dan mengancam saya utk menandatangani surat kesanggupan tentunya dg paksaan… Pihak pimpinan tdk bisa berbuat apa apa…sehingga aku yg merasa terdzalimi… Apa yg harus aku lakukan? Sholat dan doa sudah aku mohonkan tapi permasalahan ini belum juga dikabulkan oleh Allah…
    Ya Allah sadarkan mrk2 yg mendzalimiku..bebaskan aku dari musibah ini yang semestinya bukan beban saya sendiri..

  25. hidup di dunia hrs bs menahan smua cobaan dr Allah swt…..kalo kalian hny mengeluh dan pasrah tnp brdoa,berusaha kpn Allah akn memberi rezeki dan anugerahnya?bersyukurlah bhw kita smua sdh diberi kenikmatan olh Allah slama kita msh hidup di dunia…..

  26. allah maha besar dan ingat hidup adalah masalah kalau tak mau masalah tak usah hidup. buat saudara-saudara yang mempunyai banyak masalah saya setuju dg ustad bahwa sholat adalah obat bagi yang tau penyakitnya,bilang guruku pelangi itu indah tapi tak pernah ada yg bisa pegang, bilang guruku sukur itu nikmat,bilang guruku masalah itu dari diri sendiri dan bersukurlah orang yg dapat bercermin dirinya sendiri,nah itu suatu hidup yang harus dijalani

  27. ustad.. Aq slalu sial.. Susah.. Usaha hancur.. Hutang sana sini.. Stiap shlat aq slalu brdoa.. Agr aq bs hdp brkckupan dan bs membayar smua hutang pi hutang dgn rentenir..tp hidupku smakin sulit.. Rasanya aq gk sanggup lg mnjalani khidupan yg bgitu sulit.. Tp aq kasian mlihat istri yg aq syangi menanggung beban sndiri.. Astagfirulah.. Ya allah.. Dosa ap yg tlah ku prbuat hingga aq hrus mnjalani khidupan yg sprti ini…

  28. Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.
    Dan itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.
    (yaitu) mereka yang yakin, bahwa mereka akan menemui Tuhan-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (Q.S:2; 45,46)
    Kalau kita merujuk ke ayat di atas, kita hanya mohon pertolongan kepada Allah.
    Kalau Allah ridlo, pertolongan itu datang bisa melalui manusia atau apapun bentuknya.
    Maaf saya orang awan, tapi saya sering merasakan dan mengalaminya, jadi saya sangat yakin, haqul yakin.

  29. jika ingin mencintai, jangan ada sedikitpun lari dari tujuannya mencintai, kalo yg dicintai juga mencintai.. jangankan meminta, tanpa memintapun duluan diberi.

  30. Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan yang di bumi. Sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (Q.S.Lukman : 26)

  31. “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. 65:2-4)

  32. assalamualaikum, jika ada yg mau membeli nyawa atau organ tubuh saya, saya sangat bersyukur,,, saya cuma ingin bisa melunasi hutang2 saya, saat ini rumah yg saya tempati beserta IBU,sdh mau dilelang, karena toko saya pernah kecurian jadi bangkrut.
    selama ini saya sdh sangat sangat berusaha membyr cicilan, agar ibu saya bs tenang,tdk ditagih2 kolektor, skr hutang sdh menumpuk, saya sdh tdk tahu harus bgmn,hampir setiap malam saya menangisi allah,,, kapan allah akan memberikan petunjuk dan pertolongan kpd hambanya yg hanya ingin membahagiakan dan memberikan ketenangan ibunya ini..
    ya allah,, hamba mohon,, berilah kesempatan kepada hambamu ini untuk membahagiakan ibu hamba,, aminnnn
    mohon bantuan keikhlasan doanya,,,,
    wassalamualaikum,,,
    firman. kediri

  33. ya Allah,, hamba mohon berilah kesempatan hambamu ini untuk membahagiakan ibu dan kluarga hamba,,
    hamba mohon ya ALLAH,,, ya rob,, yg maha penguasa,,
    ya ALLAH,,jika memang engkau takdirkan hamba menjadi anak yg tdk bs membhgiakan, memberikan ketenangan kpd org tua hamba,,
    hamba mohon matikan saja hamba ya allah…
    matikan saja hamba…. hamba hanya mengharap khusnul khotimah dari MU ya Rob,,
    karena hamba tidak tega melihat ortu hamba dikejar2 hutang, dan hdp dlm kecemasan,,,,
    aminnnnnnnnn
    aminnnn

  34. hidup yang kita alami sekarang adalah hasil perbuatan kita sendiri di masa lalu…..susah senang..semuanya…introfeksi yang perlu…..istigfar yang banyak…….

  35. Saudara Ape,
    Rahmat dan kasih sayang Allah kan sangat luas melimpah-limpah kepada kita.Jangan mudah putus asa ya saudara Ape.Mohon pertolongan kepada Allah yang pertamanya agar dilapangkan fikiran,mohon ampun jika kita ada melakukan kesalahan pada ibu/bapa mohon redhanya juga.Ya..Insyaallah akan ada jalan keluarnya.InsyaAllah pasti Allah menolong syaratnya Yakin kepada Allah. Ini yang dapat saya bantu saudara …….Alhamdullilah

  36. bbuat mas Firman kediri dan temen2 yg lagi kena masalah ….
    *mari juga perbanyak baca al qur’an tiap hari meski kita hatam 4 ato bhkan 10 tahun ,gp2 asal rutin stiap hari-malam … Mski itu cuma 3 ayat saja…
    *slese sholat fardlu baca surat yaseen trserah sampean mau brpa kali , tp yg pernah saya coba 3x ba’da sholat fardlu …
    *baca juga surat waqiah
    *istigfar & sholawat di banyakin meski saat kerja
    *shodaqoh

    alkhamdulillah gk nyampe 1 bulan saya mendapatkan hal yg tiada saya duga ,
    Meski bukan kaya mendaak paling tidak ada “SOLUSI” yg saya dapat , hingga saya terselamatkan .

    Allahu ya fattahu ya razaqu ya Wahhab …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *