petunjuk ada di wilayah "di atas rasa"

memasuki wilayah diatas rasa akan sangat terasa bagaimana Allah memberikan petunjuk. petunjuk ini menurut al fatihah merupakan petunjuk yang di bingkai (frame) dengan “keridloan Allah” maka akan memunculkan keadaan atau suasana yang mengarahkan kita untuk melakukan sesuatu. jelas … sekali pada wilayah ini tidak ada nafsu … karena telah berada “di atas rasa”, dan kita sudah paham bahwa nafsu itu bisa beraksi jika kita masih menggunakan rasa. maka hati hati lah dengan perasaan .. misalnya cinta… rindu… atau yang lain… meski banyak sufi yang berkutat pada rasa cinta rasa ini dan rasa itu.. sebaiknya kita beralih pada keadaan di atas rasa.. hal ini untuk menghindari bias rasa yang sering dimunculkan oleh syetan.

petunjuk Allah akan sangat jelas jika kita sudah bisa berada di atas rasa, salah satu manfaatnya adalah : jika kita belum bisa meninggalkan perbuatan dosa maka beradalah pada keadaan “di atas rasa” maka kita akan terhindar dari maksiat.

ihdinashirot al mustaqim.. berilah kami petunjuk yanglurus… doa ini merupkan “framing” yang harus selalu kita ulang dan kita ucapkan setiap kali kita menjalankan sholat. dan framing nya adalah sesuatu yang lurus di diridloi Allah. frame ini harus bersih dari nafsu kita sehingga kelihatan jelas frame nya (petunjuk Allah) dengan kejelasan ini maka kita akan lebih kuat dalam mengikuti petunjuk yang Allah berikan kepada kita.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

8 thoughts on “petunjuk ada di wilayah "di atas rasa"

  1. subhanallah begitu agungnya engkau ya allah, tubuhku terasa kesemutan jika aku memanggil-mu, shalatku akan terasa bernilai jika engkau bersamaku, aku tak kuasa tanpa Mu jangan tinggalkan aku ya allah. Terimakasih ustadz pur

  2. Selalu menarik semua topik2 yg di tulis, jd pengen belajar langsung k sumbernya…gimana caranya ya?

  3. Assalam WW

    Mas, bagaimana bisa masuk dengan mudah ke wilayah di atas rasa?… kadang banyak hal yang terasa mengahalangi untuk masuk ke wilayah ini

    Wassalam

    • waalaikums alam, caranya memang sederhana Ibu, yaitu dengan meninggalkan namun agak sulit dijalankan nya bila tidak ada yang mengarahkan.

  4. meninggalkan apanya? meninggalkan nafsu gitu maksudnya…meditasi dgn sugesti untuk meninggalkan nafsu? tolong diperjelas mas pur….agar bisa saya coba dalam meditasi saya…makasih

  5. meninggalkan kesadaran fisik menuju kesadaran ruh…gimana prakteknya? …prnah saya coba dgn mengenolkan/mengosongkan hati & memenuhinya dgn ingatan pd ALLAH dgn sedalam2nya…trus ada gerak batin yg mnyuruh mnuju ke suatu tmpat.. apakh sprti ini atau gimana? makasih atas jwabannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *