PRESS RELEASE : Pelatihan Mencapai Konsentrasi dalam Shalat

Dalam masyarakat muslim, seringkali muncul keluhan tentang sulitnya melaksanakan shalat yang sepenuhnya konsentratif. Keluhan ini banyak, dominan, dan sering mengemuka, terlebih karena adanya beban-beban pikiran dan masalah yang sedang dihadapi oleh seorang muslim dalam hidup sehari-hari.

Dalam kehidupan setiap orang, memang ada banyak problematika yang sangat menyita pikiran dan konsetrasi, seperti masalah keluarga, hubungan suami istri, anak, pekerjaan, bisnis yang kompleks dan multidimensional. Problematika itu sangat potensial menyandera konsentrasi banyak kalangan muslim dalam menjalankan shalatnya secara sempurna dan efektif.

Masalah-masalah yang dihadapi sehari-hari ini amat sering menjadi pemicu atau stresor yang menyebabkan shalat seorang muslim pecah konsentrasinya. Konsentrasi dalam shalat seorang muslim yang sedang dilanda suatu problem tak jarang dirusak dan dikacaukan oleh stresor-stresor ini.

Karena itulah, sebenarnya perlu adanya wawasan baru dan teknik tertentu untuk mengubah keadaan ini. Secara psikologis, sejatinya problematika hidup adalah sesuatu yang wajar. Namun respon manusia kadang tidak proporsional, bahkan keliru, sehingga justru berdampak negatif, berjangka panjang, dan –dalam tahap kronis– akan menjadi sejenis patogen psikologis. Konsetrasi shalat yang justru tersandera oleh problema hidup ini adalah salah satu psiko-patogen itu yang akan menghalangi efektifitas dan kesempurnaan shalat seorang muslim.

Melihat fenomena itulah, Shalat Center Solo dalam Halaqah Shalat Khusyuk akan mengupas tentang masalah ini. Halaqah dengan tajuk ”MENCAPAI KONSENTRASI DALAM SHALAT!” ini akan disajikan oleh Dosen Psikologi UMS, dan Trainer Shalat Khusyuk, Setiyo Purwanto. Kajian ini akan dihelat pada Senin (15/02), pukul 19.30.-22.00. WIB dengan bertempat di ruang utama Masjid Raya Fatimah, Singosaren, Solo.

Solo, 10 Februari 2010

Erwan Ristyantoro

Pejabat Humas SC Solo

(0271) 91 83 108

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *