psikologi islam ya untuk islam…..

sebagai awal perjuangan gerakan psikologi islam seharusnya memanfaatkan psikologi islam untuk umat islam, contoh paling konkrit bagaimana sih dzikir yang menenangkan… tentu ini menjadi tugas para psikolog untuk menemukan formula mental yang tepat baik itu secara kognitif, afektif , konatif dan paling penting transendensi. masak sih dzikir tidak bisa menenangkan.. coba kalau kita tanya ke berbagai orang yang melakukan dzikir apakah ada perubahan emosi mereka apakah hati menjadi tenang? sebagian besar sekali masih menjawab tidak bisa tenang.

formula ini yang harus memecahkan adalah psikologi muslim, bukan ustad atau kyai (karena selama ini beliau beliau terfokus kepada “apa yang harus dibaca, berapa kali, ayat berapa, surat berapa dan hikmah hikma yang terkandung dalam bacaan.. bahkan ada yang menyebutkan khodam yang muncul dari bacaan tersebut dst” > Psikolog harus nya bisa menjelaskan dinamika psikologis proses menjadi tenang dan tidak tenang, dan bagaimana untuk bisa tenang. sebab model dzikir inilah yang nantinya dibutuhkan masyarakat dalam mencapai keadaan psikologis yang lebih baik, yaitu tenang dengan dzikir.

untuk apa mengkritik teori teori psikologi barat kritik psikoanalisa lah, kritik behavioris lah, kritik humanis lah.. ini malah menghabiskan dan menguras energi kita lebih baik kita berkarya untuk umat, jadi jelas arah tujuan dari pada psikologi islam. masih banyak das solen das solen yang ada di quran dan hadis yang harus kita buktikan kebenaran ilmiahnya dan tentunya model secara praktis yang dapat diterapkan oleh umat ini seperti yang saya jelaskan mengenai dzikir menyebabkan tenang diatas.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “psikologi islam ya untuk islam…..

  1. pak,saya punya gangguan terhadap psikologis saya dengan ciri2 sbagai berikut :
    1.saya merasa sangat takut dan gelisah ketika saya menghitung dan mengingat kejadian yang telah berlalu
    2.dan saya merasa bahwa waktu itu sangat cepat sekali berputarnya
    3.ketika saya mengingat hal yang saya pernah lakukan baik itu sifatnya positif taw negatif entah mengapa saya merasa di hantui dan memori2 seakan tak mau pergi dari benak saya
    4.saya merasa bahwa maut seakan telah dekat dengan saya
    5.ketika saya mengingat alloh entah mengapa saya terasa hina di depannya sehingga saya pun binggung harus doa yang seperti apa untuk d panjatkan

    ,,,trima kasih atas perhatiannya dan saya mohon bantuannya
    dan seandainya bapak sudi membantu
    mohon kirimkan jawaban bapak lewat email saya

    [email protected]
    trimakasih
    asalamuallaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *