puasa : transformasi personal menuju transpersonal

personal adalah diri fisik dimana kekuatan dan kemampan tergantung dari fisik misal melihat pakai mata, berjalan pakai kaki, mendengar pakai telinga dst. transpersonal sebuah jati diri yang melawati diri personal atau diri fisik yaitu suatu kekuatan ruhaniah yang kekuatan nya unlimited… mengapa puasa menjadikan kita bisa mentransformasikan diri antara lain puasa mematikan fungsi fisik ini artinya orang yang berpuasa harus dapat meninggalakn fisiknya menuju pada kesadaran diri yang terdalam yaitu ruhani.. suatu kekuatan niat kekuatan keyakinan suatu kekuatan tanpa batas yang diberikan allah kepada manusia.

puasa mematikan hawa hawa kesesatan dari fisik misal syahwat dan lain sebagainya.. inilah transformasi yang paling hakiki yaitu menuju ketakwaan kepada allah. karena yang bangkit adalah suatu kesadaran ruhani dimana ruhani adalah suci.

kunci agar puasa sukses mentransformasikan diri adalah dengan menggunakan kesadaran ruhaninya mulai dari adzan subuh sampai magrb kalau perlu mulai dari awal puasa… seperti halnya haji atau umrah ketika mulai miqot untuk mengenakan pakaiahn ihram maka mulai lah menjadi makhluk ruhani….

0 thoughts on “puasa : transformasi personal menuju transpersonal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *