kita mungkin berangan angan bahwa khusyu adalah sesuatu yang sangat hebat, spektakuler dan luar biasa, ternyata tidak, puncak dari ekadaan khusyu adalah penyerahan diri kita kepada Allah secara total. dalam sholat penyerahan diri ini berbentuk sujud kita, rukuk kita, al-fatihah kita, istirasy kita dan semua yang disyariatkan dalam sholat kita lakukan dengan penuh kepasrhan, itulah puncak dari pada khusyu sholat (sholat khusyu).
ketika kita takbir dengan penuh kepasrahan kepada Allah maka disitu ada dua pengabungan yaitu tumakninah dan sadar. jadi khusyu itu kalau dirumuskan menjadi
khusyu = pasrah = tumakninah + sadar Allah

pasrah yang benar jika ada dua unsur yaitu tumakninah dan sadar Allah, orang mengatakan pasrah tapi tidak tenang, atau pasrah tapi tidak ada kesadaran kepada Allah maka dia dikatakan belum pasrah secara total. kepasrahan total ini lah yang akan menimbulkan kekhusyuan dalam sholat.
nah mudahkan , siapa bilang khusyu itu sulit, khusyu itu syaratnya cuma satu yaitu pasrah. orang yang mengatakan khusyu itu sulit berarti dia tidak mengetahui rumus khusyu atau dia tidak tahu bagaimana mendapatkan khusyu dari Allah.
materi ini insya Allah akan saya sampaikan di pelatihan 2 hari di batu pahat johor malaysia, mengenai cara mendapatkan kekhusyuan dengan pasrah. Target dua hari pelatihan ini adalah peserta mampu menggabungkan ketrampilan untuk tumakninah dan kemampuan sadar ke Allah dalam sholat sehingga dengan penggabungan ini ada rasa nikmat ketika sholat. semoga Allah memudahkan.