ramadhan (hari ke 3) Allah mengambil alih

keadaan fana bukanlah sesuatu yang dibuat buat , fana merupakan kehendak Allah, kita tidak bisa membuat fana jika Allah tidak menghendakinya. karena fana adalah pengambil alihan ego kita kepada ego Ilahi. cara agar ego diambil alih adalah dengan menyerahkan ego kita kepada Allah. cara satu satunya untuk mencapai fana ya menyerahkan ego kita kepada Allah tanpa ini tidak mungkin bisa mencapai maqom fana.
bagi yang kurang paham fana ini kadang disamakan dengan wihdatul wujud atau manunggaling kawulo gusti, padahal sangat berbeda. perbedaan mendasar adalah kalau fana adalah lenyap (tiada) tapi kalau manunggal adalah bersatu atau egonya belum lenyap.
praktik berserah ini sangat sesuai dengan puasa yang kita jalankan. ketika kita lemas karena berpuasa gunakan untuk berserah, ketika mengantuk gunakan untuk berserah… nantinya kita akan paham tentang makna berserah ini dan bagaimana Allah mengabil alih ego kita.
wilayah berserah adalah wilayah praktik bukan teori, jadi lakukan dan lakukan sehingga nanti kita akan merasakan. wilayah ini tidak untuk diperdebatkan dan didiskusikan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “ramadhan (hari ke 3) Allah mengambil alih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *