ramadhan hari ke 20 : mewakilkan Allah dari hal yang paling sederhana

kadang kita mengandalkan Allah ketika kita menghadapi masalah yang besar yang memang “benar benar membutuhkan bantuan Allah”, jika masalah itu ringan danĀ  kita bisa kita tidak perlu minta bantuan Allah. sekarang mari kita ubah kebiasaan ini menjadi mengandalkan Allah dari hal yang paling bisa kita lakukan. misalnya kita bisa mengemudi mobil, coba kita afirmasikan dalam diri kita dengan mengandalkan Allah bahwa Allah lah yang menggerakkan pikiran dan tangan serta anggota tubuh yang lain untuk mengemudi mobil, kita merasakan bahwa mengemudi mobil ini benar benar atas kekuasaan Allah.

logikanya kalau kita mengandalkan Allah dari yang paling sederhana maka jika kita menghadapi masalah yang lebih besar lagi maka akan lebih mudah. masalah jika sudah diwakilkan kepada Allah maka tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan semuanya bisa diselesaikan. konsep mewakilkan membawa kita kepada ketenangan dalam keadaan apapun, bahkan dalam kondisi terjepit sekalipun. dan posisi mewakilkan kepada Allah ini pada keadaan terjepit akan memunculkan miracle atau keajaiban.

kenapa dari yang paling sederhana, jika kita dari yang kecilkecil dari yang paling sederhana kita dapat merasakan keajaiban, miracle maka keyakinan kepada Allah akan bertambah, dan bertambah nya keyakinan ini akan menambah pula kedahsyatan dan miracle. ingat bahwa miracle atau keajaiban berbanding lurus dengan tingkat keimanan. jika kita sangat beriman maka miracle nya akan muncul lebih besar.

puasa ramadhan ini apalgi menjelang 10 hari terakhir sangat lah sesuai untuk melatih mewakilkan Allah dalam hal hal yang paling sederhana. kita ke toilet untuk buang hajat kita mengandalkan Allah, kita berjalan kita mengandalkan Allah, kita bekerja kita mengandalkan Allah, nah semua mengandalkan Allah. mengandalkan Allah akan lebih mudah jika dalam keadaan puasa, dalam keadaan haus dan dalam keadaan lemas…. sebab pada keadaan keakuan diri berkurang sehingga mengurangi kesombongan diri nah pada saat inilah kita lebih mudah untuk beralih ke kekuatan Allah. kekuatan Allah yang sangat besar kita gunakan untuk menyelesaikan masalah masalah kita, jadi puasa lebih produktif.