ramadhan hari ke 21 : persiapan puasa syawal sejak sekarang

puasa syawal adalah kelanjutan dari puasa ramadhan, puasa ini dilakukan 6 kali dalam bulan syawal. kenapa persiapan sejak sekarang ? ya karena biasanya kita memiliki pandangan bahwa 1 syawal adalah hari kemerdekaan kita untuk bebas makan dan minum, kita lupa bahwa setelah puasa kita ada puasa syawal dan puasa senin kamis, jika kita merubah pandangan ini maka kita akan berat dalam menjalankan puasa sunah setelah ramadhan.

persiapan yang dilakukan sekarang adalah menjaga “buka puasa” kita agar tetap dalam keadaan fitroh….(baca : http://setiyo.wordpress.com/2010/08/21/hakikat-ifthor/) yaitu dengan berpandangan bahwa buka puasa bukanlah pembatalan puasa yang membebaskan diri untuk bebas makan dan mium. buka puasa adalah momentum untuk memberikan kesempatan kepada jasad agar mampu beribadah pasca puasa. ini persiapan pertama sehingga dari sini nanti kita akan terbiasa untuk puasa terus menerus tidak terbatasi oleh “buka puasa” dan tidak terbatasi oleh “hari raya idul fitri”

persiapan selanjutnya adalah meniatkan diri untuk tetap berada pada kesadaran Ruhaniah dengan menjalankan puasa puasa sunah. karena puasa adalah jalan pintas untuk lebih bisa menyadari diri kepada kesadaran yang lebih tinggi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *