ramadhan hari ke 7 : instrumen takwa

takwa identik dengan kesucian, kesucian adalah sifat dari ruh, jadi kalau ingin takwa instrumen yang digunakan adalah ruh. kalau bertakwa hanya mengandalkan jasad dan jiwa maka kegagalan akan terus menghantui .. karena wilayah jasad dan jiwa merupakan wilayah yang diliputi oleh “hawa” nafs atau dorongan jahat, dan syetan menggoda manusia pada wilayah ini. contoh.. jika kita ingin tidak marah maka ketika kita berserah diri kepada ALlah maka marah itu akan hilang, namun jika kita marah ,¬† yang kita lakukan adalah “menahan ” marah maka suatu saat akan terjadi ledakan marah artinya “marah¬† marah”.

menahan hawa nafsu, melawan hawa nafsu , merupakan proses yang berat dan akan banyak gagalnya karena yang kita gunakan adalah kekuatan ego kita untuk mengatasi hal hal yang tidak baik. yang kita lawan adalah diri kita sendiri ya jelas ini sangat berat.

islam lebih mengajarkan untuk berserah diri kepada Allah dari pada menahan hawa nafsu, sebab jika berserah total tingkat keberhasilannya 100% tapi jika kita melawan hawa nafsu maka tingkat keberhasilan tidak sampai 100% dan itupun masih berdurasi (seberapa lama kita kuat menahan).

sebenarnya mudah untuk menjadi orang yang bertakwa asal tahu instrumen yang digunakan. instrumen itu adalah Ruh dialah ruh yang suci yang tidak terganggu dengan syetan. ruh berada di atas eksistensi jasad danjiwa artinya Ruh berada di atas wilayah hawa nafsu. jika kita kita mampu duduk di wilayah Ruh ini maka hati kita selalu dalam kesucian.

maka puasa ini menjadikan orang bisa bertakwa , yaitu kembalikepada yang fitrah dengan instrumen yang namanya Ruh, yang dilatih dengan puasa, pelatihan ini bertujuan untuk mengalihkan kesadaran dari kesadaran rendah yaitu jasad dan nafs menuju pada keadaran tinggi yaitu kesadaran Ruh.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “ramadhan hari ke 7 : instrumen takwa

    • dengan sujud kemudian berserah pak, atau kalau pas puasa ketika tubuh lemas, lapar dan haus gunakan untuk berserah pak

  1. Alhamdulillah, terima kasih Pak Setiyo atas wejangannya. Cukup bermanfaat sekali sekaligus menerjah persepsi saya sebelum ini yg mana kita harus melawan hawa nafsu. Tapi lupa ya, mahu berserah total sama Allah. Bagaimana Allah mahu bantu ya? Bersrah secara total itulah taqwa ya pak?

    • terimakasih tangapannya Pak Saalehan, seperti dalam sujud ketika sholat pak. kita pasrah berserah diri kepada Allah sampai tubuh kita relaks, lemas, dan hati kita seperti tidak ada beban pak karena semua diserahkan kepada Allah, dalam posisi ini pasti Allah akan bantu Pak.

  2. Kepada pak Setiyo.

    Kurang lebih tiga tahun yang lalu di saat bulan puasa, selagi pulang dari kantor di daerah Cawang, Jakarta ke rumah (Rempoa-ciputat), sebelumnya saya berkendara sepeda motor mengucapkan bismillahirohmannirrohim, dengan kesadaran bahwa Alloh yang maha rahman dan rahim bersama ku. kesadaran tersebut berubah menjadi ketenangan yang luar biasa, saya mencapai puncak kebahagiaan, dimana kebahagiaan yang belum saya rasakan selama ini. Di dalam kesadaran saya dan alam itu menyatu, kalo saya menyakiti yang lain, dia akan berbalik menyakitiku, seolah olah bila ada seekor cacing meilintas di hadapan kita, ada kesadaran saya akan berhenti, untuk membiarkan ia lewat. Kesadaran bahwa semua yang ada di sekitar kita itu, timbul karena cinta, sayang. Seolah olah saya dekati Alloh dengan berjalan, Alloh dekati saya dengen berlari cepat. Ketenangan yang luar biasa. Pengalaman tersebut, berhenti di Jl, Radio Dalam Jakarta selatan. Dan kesadaran itu hilang tapi rasa tenang itu terasa sampai ke rumah. Yang saya tanyakan Apakah itu bagian dari patrap Pak, terima kasih. Kenapa saya ingin mengulanginya tidak bisa bisa pak?

    • betul sekali pak, itulah patrap, cuma Bapak belum tahu bagaimana mengulang peristiwa atau pengalaman itu. nahsebaiknya seperti di awal oak, yaitu dengan kseadaran mengucap basamalah. tanpa mengharap adanya pengalaman sperti yang dulu.. pokokny sadar tentang Allah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *