rasa kesambungan kepada Allah

untuk mempertahankan rasa kesambungan kepada Allah di saat sholat ada beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan :

1. posisi merendahkan diri di hadapan Allah

2. posisi memohon kepada Allah agar diberikan kesambungan

dua cara diatas bukan teoritis namun cara diatas adalah positioning jiwa kita ketika sholat. prinsipnya adalah bahwa kesambungan itu bukan kita yang menyambungkan diri kita kepada Allah namun Allah lah yang menyambungkan dengan diri kita.

jadi kita hanya menyerahkan diri untuk disambungkan dengan Allah oleh Allah sendiri. kalau Allah belum berkenan bagaimana? ya tidak masalah tugas kita hanyalah memohon disambungkan kepada Allah, tugas kita hanyalah merendahkan diri kita kepada Allah. perkara Allah menyambungkan Diri-Nya atau tidak dengan kita itu hak Allah. dan jika Allah belum berkenan maka kita tidak boleh berprasangka negatif baik kepada Allah maupun diri  kita misalnya dengan mengatakan bahwa saya banyak dosa.. saya belum pantas, saya belum level.. atau berprasangka negatif kepada Allah misalnya dengan mengatakan Allah tidak mau, Allah tidak berkenan… Allah tidak adil.. dst.

jadi kita hanya merendahkan diri dan memohon kepada Allah agar Allah menyambungkan Diri -Nya kepada kita. jangan berputus asa bila belum ada kesambungan tapi juga jangan terlalu bernafsu atau berkeingjnan untuk bisa sambung.. ingat bahwa semua atas kehendak Allah.

3 thoughts on “rasa kesambungan kepada Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>