Resep panjang umur ada di doa iftitah

Resep panjang umur ada di niat dalam hidup. Niat dalam hidup yang benar ada di doa iftitah dalam sholat yang kita jalankan. Dalam niat ihlas yang kita nyatakan yaitu

  • sholat ku ihlas
  • perbuatan ku ihlas
  • hidup ku ihlas dan,
  • mati ku ihlas

resep panjang umur ada pada point ke empat meski 3 point yang lain juga berperan. Point ke empat membuat kita relask dan tidak takut dengan mati. Kalau mati kita ihlas kenapa kita harus takut mati.

semakin kita tidak ketakutan mati maka berarti akan menambah usia kita karena kita akan lebih sehat dan lebih optimis meski usia sudah diatas 70.

kalau kita masih muda dibawah 40 th sudah takut mati saya yakin usianya tidak akan panjang. Penyebab suul khotimah salah satunya adalah takut mati ini. Ilmu mati yang harus dikuasai adalah bagaimana kita ihlas dalam menjalankan proses kematian dan proses menunggu kematian.

bagi sahabat sahabat yang sekarang sedang sakit dan kemungkinan kecil untuk sembuh (berarti pintu kematian sudah sangat dekat) saya harapkan untuk mengihlaskan kematian , hanya dengan ihlas inilah maka hidup kita akan lebih panjang.

doa ketika solat harus kita baca dengan benar benar karena disitulah perjalanan kita di dunia ini, untuk apa kita hidup, bagaimana kita hidup dan seharusnya seperti apa kita hidup. ternyata semua bertitik tolak dari keihlasan. tidak ada yang lain kecuali hanyalah ihlas.

Orang ihlas adalah orang yang bahagia maka orang yang bahagia ini hidupnua akan panjang. tidak ada orang yang stress hidupnya panjang. Hanya orang orang yang bahagialah yang diberi kesempatan Allah untuk ibadah lebih banyak semasa hidup.

Resep ini sederhana namun luas penerapanya. Kalau sahabat semua punya masalah saat ini maka ihlaskan sakit hati sahabat, ihlaskan kerugian yang diterima, ihlaskan semua apa yang terjadi. kehidupan ini hakikatnya adalah miliki ALlah. Bukan kita yang buat tapi semua adalah milik Allah jadi kita hanya menjalankannya dengan keihlasan.

Untuk apa marah marah, marilah kita ihlas kepada orang yang telah menyakiti, ihlas terhadap yang kita terima. Dengan melakukan apapun dengan ihlas maka hidup kita akan lebih sehat, tubuh akan relaks. contoh paling nyata adalah tidur. Orang yang hidupnya tidak ihlas maka salah satu akibatya adalah terjadinya gangguan tidur. Orang 2 hari tidak bisa tidur itu disebabkan hatinya tidak ihlas. kalau dia ihlas maka tidurnya akan nyenyak, tidurnya akan pulas.

Sahabat pernah melihat orang yang  ihlas dalam hidupnya ?… coba pelajarilah gaya hidupnya, pelajarilah cara dia hidup.. disitu ada pelajaran ihlas. Orang ihlas akan memancarkan cahaya dan itu bisa kita terima.

Bergaulah dengan orang orang yang hidupnya ihlas, perbuatannya ihlas, maka kita akan merasakan betapa ihlas ini sangat membahagiakan.

baiklah sevbagai penutup resapilah bacaan iftitah, rasakan makna bacaannya lalu iringin dengan hati, kalu perlu hujamkan dalam jiwa kita, semakin kita sungguh sungguh maka kita akan semakin mudah untuk berbuat ihlas. semoga Allah memudahkan pelajaran ihlas ini amin.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *