Rugi kalau sholat tidak khusyu

ayatnya jelas celakah orang yang sholat yaitu orang yang lupa di dalam sholatnya. tentunya dalam kita menjalankan sholat tidak berhenti hanya sebatas syariat saja, karena syariat tidak menjamin kekhusyuan. karena syariat tidak menyentuh sisi spiritual, contohnya khusyu tidak menjadi rukun syah nya sholat, kita mau khusyu atau tidak sholat kita tetap sah. Kalau kita sholat hanya sebatas syariat saja maka kita akan terjebak dalam rutinitas yang menjemukan. Maka Quran mengatakan rugi orang yang sholat jika sholat nya tidak ada sadarnya kepada Allah. Sekali lagi sadar tidak sadar tidak masuk dalam syariat.

Kerugian apa yang didapat jika sholat nya tidak khusyu, jelas yang pertama dari sisi pahala tidak akan mendapatkan karena pahala akan dihitung dari seberapa banyak sadar kita kepada Allah sewaktu sholat, yang kedua rugi waktu, jelas kita harus meluangkan waktu untuk sholat. dan mungkin rugi tenaga, mungkin biaya karena harus beli sarung peci dan lain lain….

jadi mau tidak mau kita harus meningkatkan kualitas sholat kita agar apa yang kita lakukan bisa berdampak pada akhirat dan terutama duniawi kita…… selamat belajar khusyu…..

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *