Setelah keluar dari shalat center nya tentunya pengajaran dari Ust Abu juga berhenti, artinya Beliau sudah bukan guru saya lagi namun beliau masih tetap saya hormati seperti layaknya saya menghormati kedua orang tua. Pengajaran dari beliau akan tetap saya pegang kuat kuat untuk terus meneruskan belajar menuju ke Allah tanpa bimbingan beliau. untuk itu saatnya saya belajar sendiri menuju kepada Allah SWT. Berarti juga lembaran perjalanan hidup saya yang baru akan saya mulai. yaitu suatu perjalanan tanpa guru spiritual. Sebagai orang yang dulunya pernah dididik untuk menghormat guru meski sudah tidak menjadi gurunya lagi.

Sejak diskusi di jogja kemarin seolah saya seperti di uji secara terbuka oleh ust Abu sangkan. maka ketika selesai maka beliaupun menyampaikan bahwa wisuda selesai…. he he   wisuda (wis sudah).

ini fotonya saat ujian terbuka di jogja kemarin

ujian nya sederhana …. saya tidak boleh memuncukan ego… saya harus tetap memelihara ego nol .. persis tujuan darinpada dzikir nafas yang saya pelajari yaitu menghilangkan ego. inilah bedanya ujian spiritual dan ujian yang lain.

bagi saya ujian dan wisuda ini sangat membuat hati saya bangga, karena telah di uji oleh seorang waliyullah yaitu Ust Abu Sangkan. ya perkaran lulus atau tidak karena yang membuat soal beliau saya kembalikan lagi ke beliau.

tapi yang jelas saya sudah tidak shalat center lagi … berarti saya lulus… nilainya? wah itu tanyakan kepada yang menguji….

saya sangat berterimakasih atas wisuda kemarin ustadz, semoga ini menjadi awal bagi saya untuk terus berjuang menuju kepada Allah.