Sabar itu berawal dari menerima

Sabar sebuah kata yang mudah diucapkan namun akan sangat berat ketika kita berada pada keadaan yang membuat kita tidak sabar. Ya begitulah banyak orang yang menganggapnya demikian, bahkan ada yang menganggap bahwa sabarnya sudah habis, atau kesabarannya sudah pada batas maksimal…. ya demikianlah kalau sudah tidak sabar dia akan mengatakan kesabarannya habis. Islam sangat menekankan sabar ini sebagai sebuah perilaku terpuji. Dua hal yang sangat antagonis kan, yang satu harus sabar disisi lain tidak bisa sabar. Ketika ia tidak sabar namun dia berpegang teguh pada ajaran agama bahwa dia harus sabar maka yang terjadi adalah “terpaksa sabar”, rekasi tangannya biasanya mengelus dada… mengelus dada ini menunjukkan bahwa dia terpaksa sabar. Keadaan terpaksa sabar ini mestinya sangat tidak baik. Karena yang terjadi pasti nantinya adalah “kesabaran saya sudah habis…”.

baik yang menjadi masalah sekarang kan kenapa orang ingin sabar atau orang sudah tahu harus sabar tapi sulit sekali untuk sabar. Permasalahan ini tentunya harus mendapatkan jawaban, sebab orang yang sabar tidak bisa katakan ataudiperintah harus sabar, bahkan kalau kita tanyapun orang yang tidak sabar maunya dia ya sabar. Makanya kalau ada orang sabar jangan kita suruh sabar pasti dia akan marah marah. ….

Kalau kita melihat masalah sabar, intinya adalah pada penerimaan dari masalah yang sedang ia alami. Ketika dia tidak menerima masalah tersebut pasti muncul ketidak sabaran, dan ketika dia menerima pasti muncul kesabaranya. Nah berarti masalah sabar ini menjadi masalah yang sangat mudah dan gampang ketika ketika kita menerima masalah tersebut.

Dan kita pun jika menghadapi masalah langkah kita adalah menerma masalah tersebut baru kita akan mendapatkan kesabaran. Dan nanti kita akan sabar dan itu pasti. Semakin kita menerima kita akan semakin sabar. dan satu kelebihan di menerima ini adalah bahwa kita bisa melakukan menerima … sedangkan kalau kita kita tidak sabar … kita tidak bisa memaksakan diri kita sabar. jadi kita gunakan menerima bukan sabar, karena sabar adalah hal yang otomatis. Otomatis dari kita menerima masalah tersebut.

Mengenai pahala sabar pasti anda tahu, betapa Allah memberikan hal yang sangat spesal bagi orang orang yang sabar. Bahkan orang yang sabar akan mendapatkan maunah atau pertolongan di dunia …. Dan jangan macam macam dengan orang yang sabar karena Allah selalu bersama dengannya.

Baik mari kita latihan menerima dari yang paling sederhana yaitu apa yang kita lihat kita terima, apa yang kita dengar kita terima, apa yang kita pikirkan kita terima, apa yang kita rasakan dalam hati kita terima…. latihan sederhana ini akan membentuk karakter “menerima”. …bersamalah dengan orang orang yang rukuk dan sujud artinya adalah bersama samalah orang orang yang menerima Allah, Ridho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *