Categories
amanah

Sadar diri, sadar Allah dan Kemudian Sadar Amanah

Kesadaran membawa peranan penting dalam kehidupan. Paling dasar adalah sadar diri. Kajian psikologi dari dulu hingga kini yang dikaji adalah sadar diri, yaitu bagaimana dengan berbagai pendekatan dan metode orang dapat sadar diri sehingga dapat mencapai keadaan diri yang sehat dan optimal. Namun hal ini sering kali menemui jalan buntu ketika sadar diri ini di hadapkan pada keadaan yang lebih komplek dan menyeluruh, sering terjadi kegagalan dan tidak mampu menyelesaikan problemĀ  yang ada. Maka penting untuk menyadari Allah dalam sisi kehidupan. Sebab fitrah manusia itu memiliki dasar percaya kepada kekuatan di luar dirinya. Nah disini perlu adanya sadar Allah. Sadar Allah akan banyak menjawab pertanyaan tentang bagaimana bahagia, dan akan memberikan nilai lebih yaitu suatu keyakinan diri yang dapat memenuhi kebutuhan akan kekuatan di luar dirinya. Sadar Allah ini juga akan memberikan kebahagiaan secara instan karena dia merasa terpenuhi rasa kasih sayang, tanpa dengan manusia, terpenuhi rasa aman tanpa ada nya kawan atau orang yang dapat melindunginya. Dan yang paling penting bahwa sadar Allah ini dapat memberikan dampak kehidupan yang signfikan sebab manusia diciptakan memiliki kekuatan keyakinan dimana keyakinan ini akan mempengaruhi pikiran dan perasaan. Seseorang yang memiliki keyakinan kuat pada satu hal maka dia akan mudah mendapatkan suatu hal tersebut.

Dan yang terakhir adalah sadar Amanah Allah. kesadaran akan amanah ini mencakup atau melingkupi sadar diri dan sadar Allah. Orang yang amanah pasti dia sadar diri dan sadar Allah. Orang yang sudah mencapai maqom sadar amanah maka perilakunya akan terarah dan memiliki dampak lingkungan yang luar biasa. Sebab apa yang dilakukan melibatkan sadar diri artinya psikisnya berfungsi optimal, Sadar Allah berarti dia bisa meyakini sesuatu kekuatan di luar dirinya.

yang paling luar biasa jika seseorang sudah berani menjalankan amanah di luar nalarnya atau di luar kemampuannya maka daya rubah terhadap dirinya dan lingkungannya akan sangat besar. Orang tidak takut lagi dalam menyelesaikan amanah yang sebenarnya diluar kemampuannya. dia akan terus melakukan dan melakukan. Orang yang mencapai maqom sadar amanah ini akan menjadi orang yang benar benar manfaat dalam hidupnya.

niat ingsun,

menjalankan amanah diluar nalarĀ 

Bismilahi Allahu Akbar

By Setiyo Purwanto

Trainer dan Peneliti psikologi islam
Dosen Fakultas Psikologi UMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.