Sadar

sadar berbeda dengan berpikir, sadar adalah sadar, sadar tidak menggunakan otak. ketika kita tahu bahwa angin yang berputar itu yang berputar adalah angin bukan debu kita tersadar akan penyebab dari debu yang berputar. kita terbangun dari tidur maka kita mengatakan bahwa kita sadar dari tidur.

Semua harus kita sadari tentang hidup ini, bahwa hidup kita harus tahu hakikat hidup. hakikat hidup adalah “tidak memiliki apa apa”, jika kita sadar maka cobaan hidup tidak akan membuat sedih sebab kita sadar bahwa hidup adalah kosong tidak memiliki apa apa.

sadar berarti kita memahami sesuatu secara hakiki, tahu ini berbeda dengan pengetahuan, karena sadar ini lebih membuat kita  “tersadar” akan sesuatu.

Tentang Tuhan kita harus sadar bahwa Allah selalu berada di dekat kita , jika kita sadar bahwa Allah dekat maka hidup kita akan bahagia. jika kita sadar  maka hidup kita akan menjadi lebih mengetahui apa apa yang rahasia.

sadar adalah menggunakan pengetahuan secara lebih dalam, semakin sadar maka ilmu kita akan semakin luas. ibarat seorang ikan yang loncat dari air maka dia tersadar bahwa dunia ini luas, maka sadar ini demikian juga, semakin kita sadar maka  ilmu kita akan meluas.

maka belajar kesadaran ini penting, ilmu itu mengikuti kesadaran. soarang issac newton menemukan ilmu gravitasi bumi karena dia sadar “ada gaya tarik bumi”. kesadaran yang dalam ini membuat dia mampu menemukan berbagai macam ilmu pengetahuan. padahal kalau dicari tidak ada magnit dalam bumi ini.

Baiklah kesadaran yang paling penting adalah kesadaran akan Allah yang dekat, berdzikir berarti menyadari, dzikir nafas berarti berusaha menyadari Allah dalam setiap desahan nafas kita. demikian semoga kita diberikan hidayah untuk terus lebih sadar dan lebih sadar. amiin

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *