saksi Allah, Abdi Allah, dan Khalifah Allah

ada 3 tugas yang manusia emban dalam hidup ini yaitu menjadi saksinya allah, menjadi abdinya allah dan menjadi khalifahnya Allah.

tugas pertama menjadi dasar tugas kedua dan tugas menjadi kedua menjadi dasar dari tugas ketiga. tugas yang paling ringan adalah saksi allah, tugas lebih berat adalah abdinya allah, dan tugas terberat adalah khalifahnya allah.

tugas terberat lah yang mendapat kan nilai paling tinggi di sisiNya.

tugas sebagai Saksi

yakni bersaksi mengakui akan Allah dan eksistensi allah, perbuatan allah, sifat allah. saksi berarti melihat atau menyaksikan. seorang saksi harus benar benar menyaksikan atas keadaan yang ia saksikan. menyaksikan dengan mata bathin.

tugas sabagai abdi

seorang abdi adalah mengabdi hanya kepada allah, perbuatan mengabdi seperti sholat, dzikir puasa dan lain-lain. itulah tugas seorang abdi ..

tugas seorang khalifah

khalifah berarti wakil allah, seorang wakil berarti action , action sebagai seorang guru, sebagai seorang ayah… sebagai seorang pejabat, sebagai seorang pemimpin…yang di jalankan karena ihlas karena allah…bismillah…DENGAN NAMAN ALLAH..ATAS NAMA ALLAH  itulah suatu pernyataan sebelum memulia tugas tugas kekhalifahan dilakukan.

tugas khalifah inilah yang mendapatkan nilai pahala tertinggi (point tertinggi) lebih dari sekedar tugas seorang abdi yang sholat zakat atau dzikir. tapi ingat bahwa tugas khalifah dasarnya adalah ibadah… dasar ibadah adalah kesaksian kita kepada allah atau Iman.