salah itu biasa, bukan biasa salah

Tidak perlu takut berbuat salah karena dari kesalahan itulah kita dapat belajar. Orang yg takut salah maka dia tidak akan dapat belajar banyak. kesalahan biasanya terjadi karena perbuatan, kalau kita berbuat memang tidak salah tapi kita tidak ada apapun yang kita peroleh. Yang penting setelah berbuat salah jangan menyesal terlalu mendalam, segera bertaubat dan segera lakukan perbaikan atau evaluasi. kadang penyesalan karena berbuat salah berasal dari ego yang tidak mau disalahkan, tidak mau di jelekkan dan “malu” yang over dosis. berbuat salah boleh tapi jangan sampai biasa berbuat salah. Kalau berbuat salah berarti memang dia tidak mau belajar dari kesalahan.

Mengapa Allah maha pengampun karena Allah paham benar tentang manusia yang berbuat salah. dan kita tahu kalimat sesungguhnya Allah itu maha pengampun di ulang beberapa kali di al quran. Maka kita yang belajar sadar Allah ini tidak perlu takut untuk berbuat salah, tidak perlu menyesal terlalu mendalam, dan kita yakin bahwa Allah mengampuni segala dosa yang kita perbuat.

kalau berbuat salah setelah memohon ampun kepada Allah maka lupakan masa lalu, lupakan perbuatan salah yang pernah kita lakukan segera perbaiki dengan perbuatan yang benar.

rumusnya kalau kita berbuat salah dan memikirkan perbuatan salah itu maka sebenarnya kita mengarahkan diri kita untuk berbuat salah untuk seterusnya, jika kita berbuat salah dan sekarang merubah dengan amal kebaikan maka kita akan mengarahkan diri untuk tidak mengulang perbuatan itu lagi. sekali lagi penyesalan berkepanjangna itu tidak baik, itu menunjukkan kita tidak beriman kepada Allah yang maha pengampun dan penyayang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *