salah kaprah amaliah ramadhan

1. Puasa menahan lapar dan haus : harusnya mengihlaskan segala lapar dan haus, kalau menahan maka sesuatu yang “ditahan” menimbulkan stressor dan ini menyebabkan ketidaknyamanan dalam berpuasa, beda dengan mengihlaskan lapar dan haus ada satu kenikmatan ketika lapar dan haus

2. Buka Puasa : harusnya Ifthor, makna buka puasa memberikan suatu pengertian kepada otak bahwa setelah di buka maka bebas makan bebas apapun , kan dibuka…. tapi kalau menggunakan istilah ifthor yang artinya fitrah maka makannya akan sebatas fitrahnya tubuh yaitu makan sekedar menghilangkan lapar dan haus .. tidak sampai makan melebihi batas “hilangnya rasa lapar”

3. tarweh : shalat tarweh artinya sebenarnya adalah shalat yang istirahat jadi shalat yang santai… di beberapa tempat yang shalatnya 23 terutama menjalankan shalat seperti dikejar syetan cepatnya minta ampun, jadi bukannya shalat yang istirahat tapi shalatnya tambah membuat capek dan lelah. maka benar rasulullah yang lebih banyak shalat tarweh shalat sendiri di rumah tidak berjamaah

4. tadarus al quran: tadarus sudah menjadi ajang lomba fasih fasihan, lomba cepat cepatan mbaca, dan lomba antar mesjid untuk banyak banyak khatam khataman.. bahkan ada yang sedikit curang dengan membagi per juz untuk  tiap jamaah agar mesjid tersebut bisa lebih cepat khatamnya… padahal sebenarnya adalah tadarus itu mendalami perintah Allah yang ada dalam al quran itu sehingga sinkron dengan puasa kita. kita memahami ayat perayat kata perkata dan kita sharekan dengan rekan rekanjamaah masjid apa yang kita dapat dari kandunga ayat tersebut sehingga memvibrasi jamaah lain.

5. itikaf dimasjid untuk mendapatkan malam lailatu qodr : itikaf itu arti sebenarnya adalah diam tidak melakukan apa apa. nah yang terjadi sekarang adalah itikaf bukannya diam tapi malah melakukan hal hal yang “tidak diam” malah ada yang itikaf “tidur d masjid”. bagaimana bisa mendapatkan lailatul qodr kalau pikiran kita disibukkan dengan berbagai aktivitas seperti shalat, membaca al quran bahkan ada yang mengadakan pengajian. malam laitul qodr hanya bisa di dapat ketika kita diam, duduk diam di masjid sehingga ketika ada pencerahan dari Allah yang berupa lailatul qodr kita dapat menangkap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *