Salah satu bab di buku “dzikir nafas” yang sedang saya susun DZIKIR NAFAS LATIHAN SEBUAH KESADARAN MAKRIFAT

Terima kasih Ust Abu sangkan yang telah mengajarkan ilmu ini saat di rumah makan rasa mirasa solo, 2 malam yang lalu.
Dzikir nafas melatih kesadaran kita tentang hakikat nafas. Hakikat nafas dapat kita selami sehingga kita menemukan suatu kesadaran bahwa Allah benar benar ada dan HIDUP. Yaa Hayyuu…. Dia hidup dalam semua ciptaannya menggerakkan dan dia yang sebenarnya bergerak. Nafas ini hanya sebagian kecil dan kesibukan Beliau. Kebanyakan kita kurang menyadari adanya Allah dalam nafas ini. Semua tertipu oleh yang digerakkan tidak sadar siapa sebenarnya yang bergerak dan menggerakkan.
Dzikir nafas membawa kita pada kesadaran tanpa kata dan tanpa wujud. Nafas terus mengajarkan dan mengingatkan kita akan siapa yang menggerakkan. Dzikir nafas mengajarkan kita untuk bernafas tanpa menggunakan nafsu diri. Nafas biarkan menjadi nafas Allah seperti Allah meniupkan Ruh kedalam jasad kita ketika di Rahiim ibu. Biarkan kesadaran kita menyelami kembali ke asal yaitu kesadaran “tiada” suatu kesadaran dambaan setiap orang yang belajar berTuhan. Hanya dengan kesadaran “tiada” inilah kita akan benar benar mengenal Allah SWT, Makrifat.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

15 thoughts on “Salah satu bab di buku “dzikir nafas” yang sedang saya susun DZIKIR NAFAS LATIHAN SEBUAH KESADARAN MAKRIFAT

  1. gimana caranya dzikir nafas tolong jelaskan insyaalah saya praktekkan dalam kehidupan sehari hari

      • Assalaamu alaikum wr.wb
        Semoga pak setyo sekeluarga dan sahabat-sahabat yang lain senantiasa dalam rahmat Allah SWT,
        mohon doanya pak, semoga Allah SWT senantiasa menggerakkan lahir dan bathin saya ke arah kebenaran.
        Saya tunggu bukunya pak, insyaallah bermanfaat.
        terimakasih atas tulisan-tulisan dan pencerahan pa setyo selama ini.

        • waalaikum salam wr wb
          terimakasih doanya Pak, kita sama sama mendoakan semoga Allah membarikan rahmat Nya kepada kita . buku yang sedang saya susun buku sederhana pak, kecil dan simpel , ini sedang prosesn editing pak. insya Allah nanti kita sampaikan jika sudah jadi. salam

  2. Assalamualaikum wbt,
    Setinggi puji syukur kehadrat Allah SWT.

    Alhamdulillah.Terima kasih Ustaz Abu Sangkan.Terima kasih Ustaz Setiyo kerana berbagi ilmu buat kita semua. Kami sedia sabar menanti menadah tangan ilmunya. Semoga Allah SWT sentiasa melimpahkan rahmat-Nya buat Ustaz dan Ustaz Abu Sangkan.

  3. As.wr.wb. Semoga niat dan usaha ini menjadi amal sholeh yang diridhoi Alloh swt. Bila sudah rampung penyusunan bukunya mohon infonya ustadz ?. Pingin shilaturrahmi ke Solo, belajar & praktik dzikirnya. Matur nuwun. wassalam.

  4. Ass wr wb…semoga Allah sll merahmati bpk sklrga dan para jamaah baik yg secara langsung bertemu ataupun yg hanya bisa bertemu via blog bapak ini…amin..oh ya pak..dimana buku2 bpk bisa saya dapatkan mengingat saya sampai saat ini belum diijinkan Allah utk ikut latihan patrap langsung bersama bapak.,oleh krn itu buku2 tulisan bapak mjd sangat bermanfaat buat sy…mohon infonya ..trima ksh

  5. As.wr.wb. Maaf ustadz, apakah “dzikir nafas” yang jenengan maksudkan seperti dalam patrap, menyadari keluar masuknya nafas karena Alloh ?. matur nuwun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *