Salahkah belajar Patrap? seperti apa patrap itu

Sebelum anda memutuskan untuk belajar patrap atau tidak, akan saya berikan gambaran terlebih dahulu tentang patrap. Sehingga anda tidak menjadi orang yang main judgement tanpa mengetahui apa itu patrap. Patrap bukanlah latihan keter keter, klepek klepek, muter muter, dan hal lain yang sering diidentikkan dengan hal tersebut. Patrap yang saya dengar dari Bp Haji Slamet Utomo adalah sikap kita sebagai hamba Tuhan. yaitu bagaimana kita bersikap sebagai seorang abdi Allah, Seorang Abdi yang tahu tata krama, sopan santun, unggah ungguh. Patrap ini lebih bagaimana kita menjaga adab kita kepada Allah SWT. Tidak hanya ketika sholat, atau dzikir saja, tapi dalam semua keadaan. Ketika anda berjalan ketika anda duduk.

Menjaga akhlak ini penting, bisa jadi kita beriman kepada Allah tapi ketika kita duduk kita mengeluh tentang hidup ini, berarti beriman tapi tidak Patrap atau tidak tahu tata krama siapa sebenarnya yang memberi hidup. Kalau orang Patrap tidak mungkin protes kepada Allah, kenapa Allah membuat hidup saya seperti ini? karena mengeluh atau protes kepada Allah bukan sikap patrap.

Patrap adalah adab kepada Allah.

jika anda belajar patrap berarti anda belajar bagaimana bersikap kepada Allah. Untuk dapat bersikap maka harus mengenal, kalau sudah mengenal harus mendekat, jika sudah mendekat maka harus sopan dan PATRAP.

Saya sangat tertarik dengan istilah patrap ini, dan saya sangat mengagumi patrap, karena ketinggian ajarannya, yaitu BERADAB KEPADA ALLAH. Sayapun di rumah di lantai 2 saya buatkan tempat khusus berkumpul teman teman yang berminat belajar patrap, tempat itu saya namakan PADEPOKAN PATRAP.  kita tiap malam jumat kumpul untuk bagaimana bersikap baik kepada Allah SWT.

kembali ke masalah patrap, ada pelajaran khusus dalam memulai ber Patrap, tentunya pelajaran ini menyesuaikan tingkat hubungan kita dengan Allah Ada yang belajar sama sekali belum kenal Allah, maka Saya ajarkan bagaimana menghadap kepada Allah yang benar. Ada yang sudah kenal tapi belum bisa berinteraksi maka saya ajak untuk memasuki alam kedekatan dengan Allah sehingga bisa berinteraksi… dst.

model pembelejaran atau cara belajar macam macam … ada yang saya ajak ke tanah lapang untuk melihat bagaimana keagungan Allah, ada yang cukup di rumah saya…..

jamaah kadang saya ajak merasakan getaran kuat keimanan sampai dia keter keter ….. ada juga yang hanya berdiskusi… ada juga yang saya ajari sholat…. ada yang menggunakan dzikir nafas…. bahkan ada yang saya tunjjukkan permainan kebal kebalan … dan silat silatan…. semua metode tersebut untuk mendapatkan pemahaman tentang ke Tuhanan yaitu menyadari Allah SWT sehingga benar benar hidupnya BENAR BENAR BISA PATRAP.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Salahkah belajar Patrap? seperti apa patrap itu

  1. mudah-mudah an Allah swt memberkahi tempat patrapnya mas Pur itu sebagaimana Gua Hira nya Rosullullah saw,amin

  2. Assalamualaikum pak,kalau setelah saya baca2 di website bapak ini,kalau mau mendekatkan diri kepada ALLAH SWT harus melalui patrap terlebih dahulu lalu sholat khusysu,kemudian dzikir nafas,apa benar pak harus berurutan seperti itu ? saya tinggal di jakarta,apakah bisa belajar patrap dari buku/ebook ataukah harus belajar secara tatap muka ? kapan ada rencana pengajaran patrap di jakarta pak ? tks pak jazakumULLAH khairan katsiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *