Sandaran hidup.. menuju hidup lebih berenergi

orang hidup butuh energi, yang dinamakan dengan energi hidup… selama kita beraktivitas maka butuh daya dorong.. jika daya dorong ini tidak terpenuhi maka terjadilah kemalasan, tidak semangat, pasif dan lain sebagainya. tejadinya kondisi tidak semangat ini, malas dapat disebabkan oleh banyak hal… diantaranya adalah tidak adanya keyakinan pada satu hal. keyakinan pada satu hal akan membawa kita pada suatu apa yang kita yakini. sebagai contoh jika kita yakin kalau sholat kita di terima sama Allah maka kita sholat lebih semangat dibanding kan dengan bila kita setengah setengah apakah sholat kita diterima atau tidak, atau bahkan sama sekali bahwa sholat kita ditolak oleh allah.

keyakinan adalah suatu bentuk sandaran dan harapan. jadi kekuatan akan muncul bila kita berharap dengan keyakinan yang positif. ada harapan yang sebenarnya sudah bukan harapan lagi, karena kita sudah yakin bahwa hal itu akan terjadi… namun karena belum terjadi maka bentuk nya adalah keyakinan. jadi keyakinan mendahului suatu kejadian. begini… saya yakin bahwa akan terjadi A.. maka kejadian nya kan belum ada.. namun kejadian itu sudah terjadi di keyakinan saya.

keyakinan  harus memiliki sistem yang benar sehingga satu hal mencakup segala hal.. orang mau yakin bebas bebas saja.. karena dimensi yakin suatu dimensi yang tidak bisa dibatasi oleh apapun. contoh seorang dokter mengatakan penyakit tidak bisa sembuh maka syah syah saja jika keyakinan saya tidak demikian.. seorang ustad boleh saja mengatakan sholat khusyu itu sulit namun saya tetap yakin kalau khusyu itu mudah bagi siapapun. jadi tidak ada batasan dalam keyakinan itu. oleh karena itu segala sesuatu harus ada yang kita yakini bahwa ada yang bisa melakukan segala hal… yaitu yang memiliki sifat MAHA.. Dialah Allah.. jika ini merasuk dalam jiwa maka kata dokter, kata ustad dan kata siapapun (kata kata negatif) bisa tidak berlaku lagi.

keyakinan pada yang memiliki sifat maha ini akan mengalirkan energi hidup yang luar biasa … hidupnya akan dialiri energi keyakinan sehingga apapun yang dilakukan berdampak besar terhadap diri dan lingkungannya. seringkali diuraikan bahwa jangan percaya pada diri cobalah percaya pada Allah. selama ini yang saya dengar baik dalam ceramah ataupn dalam kajian psikologi selalu menyandarkan pada aku aku dan aku, terutama para motivator motivator mereka selalu mengatakan “aku bisa”, aku sukses”, hari ini aku luar biasa”, suatu slogan suatu yel yel yang menyesatkan dan sangat berbahaya… mungkin akan mendapatkan semangat namun saya jamin paling lama bertahan 3 hari setelah pelatihan setelah itu mblendek lagi… karena sekali lagi bahwa kekuatan aku sangat lemah sekali. oleh karena itu agar semangat dalam hidup mari kita sandarkan kepada yang punya hidup yaitu Allah .. yang memiliki sifat MAHA yang bisa apa apa…

4 thoughts on “Sandaran hidup.. menuju hidup lebih berenergi

  1. Wah sip tenan. Jadi yakin nih.
    Ijin pak, aku buat materi siaran boleh ya?
    Yah, itung-itung Da’wah.. Ya tho
    Makasih (rodok mekso ki)
    Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *