saparan di jatinom

malam jumatan kemarin rombongan malam jumatan patrap silaturahmi ketempat mas ivan dan rekan rekan patrapis jatinom. silaturahmi ini sekaligus melihat keramaian sebelum pelaksanaan pesta apem di desa tersebut.

konon pesta nyebar apem ini merupakan sejarah warisan dari ki ageng gribig sebagai tokoh penyebar islam di daerah tersebut. kenapa apem… apem sendiri berasal dari kata afwun atau afwan yang berarti maaf…karena orang jawa dulunya kuat dengan simbol simbol maka untuk mengajarkan permintaan maaf atau memberi maaf melalui makanan yang diciptakan sang da’i ki ageng gribig sehingga orang lebih mudah teringat dan mengamalkannya.

beliau dai ki ageng gribig dalam berdakwah selain menggunakan ilmu “kuliner” nya yaitu dengan diciptakannya apem juga menggunakan hartanya yaitu dengan menyebarkan apem kepada mereka yang datang di pengajiannya… pada awalnya apem tersebut di berikan sebagai jamuan makan dalam setiap pengajiannya lama lama karena pesertanya banyak sang dai dan santrinya mulai kesulitan dalam mendistribusikan apem tersebut karena saking banyaknya dan saling berebut apem. akhirnya sang da’i memiliki ide untuk membuat semacam panggung atau tower, panggung ini lah yang digunakan untuk menyebarkan apem kepada seluruh jamaah.

setiap setahun sekali dilbulan sapar diadakan pengajian akbar di tempat ki ageng gribig dimana disinilah digembleng akidah akhlak , dan yang datang dari berbagai tempat mereka berduyun duyun untuk mendengarkan tausyiah ki ageng gribig. alhamdulillah dari dakwa beliau islam menyebar tidak hanya di wilayah jatinom klaten saja namun sampai ke surakarta dannn yogyakarta serta boyolali dan sekitarnya.

di atas ki ageng gribig ada sahabat seperjuangan beliau dalam menegakkan syariat islam dan akidah islam yaitu ki ageng tawang (nama arabnya saya kurang begitu tahu) beliau dimakamkan di desa atasnya jatinom. kemudian di sebelah utara ada juga makam sahabat beliau dalam menyebarkan agama islam yaitu ki ageng selo.

0 thoughts on “saparan di jatinom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *