satu hal penyebab perbuatan maksiat

ternyata penyebab maksiat tidak banyak, hanya satu hal. sering kali kita menganggap bahwa penyebab masiat itu ada banyak seperti masalah pengetahuan, makanan, dan lain sebagainya padahal kalau kita tarikĀ  lebih jauh lagi hanya ada satu penyebabnya. namun penyebab ini seringkali di abaikan sehingga orang seringkali ingin menghindari maksiat tapi selalu saja berbuat maksiat, orang ingin sekali menjadi orang yang baik tapi selalu saja gagal dan gagal. sehingga berkesimpulan bahwa berbuat maksiat lebih mudah dari pada berbuat kebaikan.

satu hal tersebut adalah “mengingat Allah” , tidak mengingat Allah menjadi penyebab utama dalam memunculkan perbuatan maksiat. jika kita tidak ingat maka otomatis dorongan negatif (hawa nafs) akan menguasai kita karena sumber utama dalam diri yang berupa ruh tidak aktif. namun jika kita ingat kepada Allah maka potensi kesucian kita akan aktif sehingga kita tercegah dari perbuatan maksiat.

selalu ada dalam diri kita ini dorongan positif yang diwakili oleh Ruh suci kemudian dorongan negatif yang diwakili oleh hawa nafsu. nah untuk menjadi orang baik cukup dengan mengingat Allah maka kekuatan baik itu muncul dengan sendirinya, kekuatan sabat akan muncul, kekuatan ihlas akan muncul kekuatan beribadah kepada Allah akan tumbuh. sedangkan kekuatan maksiat seperti marah, benci, jahat akan muncul jika kita tidak mengingat Allah atau meninggalkan Allah .

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “satu hal penyebab perbuatan maksiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *